Dalam rangka menjalin kerjasama dan menambah wawasan keilmuan tentang periklanan, mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang mengambil mata kuliah Periklanan mengadakan Studi Lapangan ke Metro TV dan Media Indonesia pada tanggal 17-19 Januari 2010. Dosen Pengampu mata kuliah, Muhammad Zamroni, S.Sos.I, M.Si mengatakan mahasiswa yang mengikuti kunjungan ini berjumlah 60 orang. Zamroni mengatakan pihaknya sangat puas dengan kunjungan tersebut, karena ketika berkunjung pihaknya disambut baik oleh Metro TV dan Media Indonesia. Apalagi ketika berkunjung ke Metro TV mahasiswa sempat bertemu dengan pemilik stasiun Metro TV yaitu Surya Paloh. Sementara itu, Surya Paloh berpesan kepada seluruh mahasiswa yang berkunjung, “Semoga Mahasiswa mampu memberikan perubahan ke arah yang lebih baik terhadap bangsa dan negara tercinta, Indonesia”. Di Metro TV, mahasiswa mendapatkan kuliah umum dari Departemen Promosi Metro TV, yang disampaikan oleh Faisal. Fasial menyampaikan bahwa strategi promosi Metro TV tidak sekedar berupa proposal, tapi juga dilengkapi dengan video presentasi tentang setiap program-programnya, sehingga lebih efektif dan efisien serta mudah difahami oleh calon sponsor. Setelah itu, mahasiswa diajak berkunjung ke ruang on air yang terdiri dari beberapa studio seperti studo berita, studio acara Mata Najwa dan Kick Andy. Sedangkan di Media Indonesia, mahasiswa diajak melihat ruang redaktur, ruang editor dan ruang produksi. Dari kunjungan ini, Zamroni mengharapkan terbentuknya kerjasama yang harmonis dengan kedua media tersebut, sehingga nantinya mahasiswa KPI bisa melakukan magang kerja di Metro TV maupun Media Indonesia. Selain itu, Zamroni berharap acara seperti ini dapat terlaksana pada tahun-tahun berikutnya, khususnya bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah periklanan.