Selasa, 2 Oktober 2012 kemarin, salah satu dosen Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Supadiyanto, meluncurkan buku berjudul: “Berburu Honor dengan Artikel, Tip dan Strategi Menangguk Rupiah dari Surat Kabar“. Buku tersebut diluncurkan oleh Wakapuspen TNI, Brigjen Suratmo M.Si. (Han) bersama Ketum PPWI, Wilson Lalengke, MA., M.Sc. di Balai Wartawan Puspen Mabes TNI Cilangkap Jakarta Timur.

Supadiyanto, Dosen dan Alumni Jurusan KPI Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Luncurkan Buku Berburu Honor dengan Artikel

Dalam sambutannya, Wilson Lalengke menyatakan harapannya, agar keberadaan buku jurnalistik terbaru tersebut dapat memberikan pencerahan dan panduan kepada masyarakat dalam menuliskan gagasan/artikel di berbagai media massa. Peluncuran buku tersebut disaksikan sekitar 50 perwira TNI dari berbagai kota di Indonesia, dibarengkan dengan Pembukaan Pendidikan Penataran Teknik Wawancara Puspen TNI.

“Agar terlahir jutaan kolumnis, pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI atau Kementerian Pemuda dan Olahraga RI harus merekomendasikan buku ini wajib dibaca oleh setiap orang. Agar mereka menjadi penulis di berbagai surat kabar, media online atau elektronik. Kalau bisa, buku ini diberikan secara gratis kepada 238 juta penduduk bangsa ini,” cetus Wilson Lalengke yang juga menjadi Dosen UBINUS Jakarta dan Pemimpin Redaksi Pewarta Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Supadiyanto mengungkapkan, keunggulan buku tersebut dibandingkan buku sejenis, yakni menyajikan berbagai pertanyaan umum yang dilontarkan para penulis pemula yang terangkum dari berbagai seminar, diklat, dan workshop jurnalistik di berbagai kota di Indonesia. Di mana dalam buku tersebut sekaligus diberikan jawaban lengkapnya. “Jadi masyarakat yang ingin lebih memahami dalam dunia tulis-menulis, tidak perlu mengulangi pertanyaan serupa. Sebab semuanya sudah ada jawabannya,” ujar Supadiyanto, yang juga alumni Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Pemimpin Redaksi SKH Kedaulatan Rakyat, Octo Lampito, MPd., menyatakan bahwa buku tersebut memberikan pengalaman kiat kilat dan jitu menulis/menembus media massa cetak dari yang paling awal. “Karenanya, saya menyambut baik buku karya Supadiyanto ini. Saya mengenal sangat baik Supadiyanto, adalah seorang yang aktif dan amat gigih dalam berbagai kegiatan kepenulisan kreatif,” ujarnya. (ahmd)