dr. zaenal mustofa eq,dosen fakultas ekonomi UII, memberikan materi metode penelitian di workshop metode penelitian Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah, UIN Sunan Kalijaga

Penelitian mahasiswa untuk skripsi saat ini tidak jarang terjadi kesalahan-kesalahan dalam prosesnya. Bahkan kesalahan tersebut terjadi ketika proses penelitian itu baru dimulai. Kesalahan tidak hanya pada sisi mahasiswa, tidak jarang ada pada pembimbing. Dan sangat sering pada lembaga yang akan diteliti. Hal ini dipaparkan Bapak Dr. Zaenal Mustofa, dosen Fakultas Ekonomi UII, dalam acara Workshop Metode Penelitian “Going to Research Faculty”, di Hotel Malioboro Inn, Yogyakarta pada Selasa (13/11).

Kesalahan pertama dan yang paling utama adalah selalu dimulai dengan menemukan “JUDUL”. Padahal faktanya, tidak jarang mahasiswa saat baru mulai bimbingan dengan dosen pembimbingnya, belum tau apa-apa alias blank. “Jangankan judul, lembaga yang mau diteliti saja, ngga tau,” ungkap Zaenal Mustofa.
Setelah itu, ketika mahasiswa pergi ke lembaga yang akan diteliti, langsung diminta proposal. “Masuk ke lembaganya saja belum, bagaimana bisa tahu permasalahan di dalamnya. Ya, akhirnya yang terjadi adalah pemerkosaan masalah,” tandas Zaenal Mustofa.

Dalam workshop yang diselenggarakan Jurusan Manajemen Dakwah ini, Zaenal Mustofa juga menambahkan, selain masalah diatas, kesalahan lain yang sering terjadi adalah : masalah yang diangkat tidak fokus (kabur), kurang menguasai model-model penelitian, kurang menguasai pengertian dan pengukuran konsep, kurang menguasai alat analisis penelitian, serta hasil penelitian tidak lagi mengacu pada proposal.

Dengan mengetahui kesalahan-kesalahan tersebut, hendaknya menjadi poin merah yang harus dihindari. Tentunya dalam rangka mewujudkan the truly research faculty.