Tim mahasiswa Jurusan KPI dalam wadah Khatulistiwa Production berhasil mendapatkan piala Silver dalam ajang Pinasthika Creativestival2012 kategori Young Film Director pada malam penganugerahan di Hotel Melia Purosani, Sabtu (3/11). Tim ini terdiri dari Thibburruhany (Kameramen, Editing, Sutradara), Nur Syiam (Sound Director, Artistik), Fadlan Abdurrahman (Cinematography, Narator) dan dibimbing oleh salah satu dosen Jurusan KPI, Nanang Mizwar Hasyim, S.Sos., M.Si.

Tim ini mengusung karya Kopi-Nesia – Meramu Keberagaman Dalam Secangkir Kopi. Kopi-Nesia adalah film iklan yang mengajak kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dan bergabung dalam semangat kebhinekaan. Sedang kopi adalah manifesto kekayaan negara Indonesia. Dan beragamnya adat untuk menikmati secangkir kopi. “Dengan latar belakang falsafah kopi, yaitu apapun tempatnya, apapun bentuknya, apapun campurannya, namanya tetap kopi, “ terang Nanang Mizwar.

Kategori Young Film Director merupakan penghargaan kepada insan film muda terutama dikhususkan bagi sutradara amatir/ mahasiswa/ umum yang belum pernah bekerja di production house/ PH manapun.

Pinasthika Creativestival2012 merupakan even annual yang mewadahi kreativitas anak muda Indonesia. Even ini diselenggarakan oleh P3I Pengda DIY bekerjasama dengan Harian Kedaulatan Rakyat sebagai perintis, dengan didukung sepenuhnya oleh P3I Pusat. Event kreatif tahunan ini telah dimasukkan dalam agenda nasional oleh Kementerian Perdagangan untuk menarik perhatian dunia internasional.

Pinasthika Creativestival2012 mengangkat tema Holopis Kuntul Baris. Yaitu ungkapan yang pernah dilontarkan Bung Karno untuk menyemangati bangsa Indonesia agar bergotong royong. Maksud ungkapan itu sendiri adalah bekerjasama untuk menangani hal besar, karena dengan cara begitu, masalah apapun pasti terselesaikan.(ahmd)