Sudah sejak 12 Nopember 2012, UPT PKSI UIN Sunan Kalijaga mengalihkan layanan email ke server gmail. Dengan tetap memiliki alamat domain nama@uin-suka.ac.id. Bersamaan dengan peralihan ini, semua civitas akademika UIN Sunan Kalijaga bisa memanfaatkan layanan email beserta fitur-fitur lain bawaan Google Apps for Education.

Dalam seminar Digital Lifestyle Experience yang digelar PKSI pada Selasa (4/12), Ketua PKSI, Agung Fatwanto, Ph. D, menuturkan bahwa dengan prinsip one account for all acces yang diberlakukan kepada semua user UIN Sunan Kalijaga, menjadikan semua layanan yang disediakan PKSI lebih mudah diakses (user friendly). Akses email (mail.uin-suka.ac.id) yang berbasiskan google mail, bisa tetap diakses menggunakan akun akses internet.

Keuntungan lainnya,  dengan digunakannya Google Apps for Education (GAfE), akan mengubah bagaimana cara belajar pelajar secara umum. Pepita Gunawan – selaku Lead Indonesia of GafE – , menuturkan bahwa pelajar dan pendidikan dalam abad 21 sudah berubah sedemikian jauh. “Generasi kita sudah berubah, cara belajar mereka sudah berubah, cara mendengarkan musik mereka sudah berubah,” katanya.

Pepita mempunyai pertanyaan sederhana untuk membuktikan perubahan generasi ini. Yaitu, ketika diperlihatkan kaset pita (kaset musik jaman dulu), kemudian ditanyakan apa kegunaan pensil terhadap kaset tersebut. Dari jawaban pertanyaan tersebut akan terlihat perbedaan antar generasi.

Google Apps for Education memberikan kemudahan kepada insan akademik tidak hanya menggunakan email saja, masih ada fasilitas kalender online,google docs untuk memudahkan kolaborasi pekerjaan (meliputi dokumen, spreadsheet, presentasi), pembuatan form survey atau soal dengan cepat (hasilnya terintegrasi langsung dengan spreadsheet), dan googlesite untuk membuat profile, portofolio online tanpa perlu mengetahui coding website. Google Apps for Education juga menyediakan penyimpanan online melalui google drive.

Seminar yang digelar di Gedung Convention Hall UIN Sunan Kalijaga ini dibuka oleh Bapak Rektor Musa Asy’arie dengan gong digital. Hadir pula sebagai narasumber wakil dari IBM, Ryan Fabella. (ahmd)