Drs. Zainudin, M.Ag., Kaprodi IKS mengenalkan Jurnal Welfare

 

Program studi (Prodi) Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga mengadakan kuliah umum bertempat di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga, pada Selasa (26/02). Kuliah umum ini mengangkat tema “Inisiatif Lokal untuk Kesejahteraan Sosial”. Dalam acara ini juga di-launching Jurnal Welfare Prodi IKS bekerja sama dengan Institute For Research And Empowerment (IRE). Hadir sebagai narasumber, Dr. Bambang Hudayana dari IRE.

Ketua Prodi IKS, Drs. Zainudin, M.Ag., mengatakan bahwa kuliah umum ini diadakan bertujuan untuk memberikan pembelajaran pada mahasiswa khususnya prodi IKS tentang kuatnya potensi desa untuk menjadi mandiri dan maju dalam kesejahteraan masyarakatnya. “Kearifan lokal mengajarkan kita untuk mengenal dan mengakui keberadaan nilai-nilai lokal, bukan mengintervensi apalagi menghilangkannya. Kearifan lokal memiliki banyak dimensi penguatan (strengthening) pada berbagai sektor kehidupan,” tutur Zainudin.

Masih menurut Zainudin, selama ini banyak sekali program dan uang pembangunan yang masuk ke desa malah mencerabut masyarakat dari akar tradisi luhur mereka. Sehingga kearifan lokal seyogyanya mampu dipelihara untuk kemajuan masyarakat.

Sementara itu, sebagai narasumber, Dr. Bambang Hudayana mengatakan sesungguhnya desa memiliki potensi yang besar untuk maju, mengingat di setiap daerah memiliki kearifan lokal yang memiliki kekhasan masing-masing. Seperti gotong royong, rembug desa, jimpitan, rosulan, pengadilan adat, dll. Desa pada dasarnya sudah mampu mengurusi masyarakatnya, mengingat desa sudah memiliki perangkat desa yang perannya mampu membina masyarakatnya untuk mandiri.

“Dengan munculnya budaya westernisasi dan budaya pop menyebabkan lunturnya akan khasanah lokal yang selama ini ada dalam masyarakat desa. Banyaknya masyarakat desa yang beralih belanja ke minimarket, supermarket, dan berpola hidup konsumtif mencerminkan kemunduran pada khasanah lokal yang ada,” terang Bambang.

Bambang juga berharap kepada masyarakat dan mahasiswa khususnya Prodi IKS untuk saling mengingatkan dan menumbuh kembangkan kembali atas kearifan lokal yang ada dalam masyarakat.

Dekan Fakultas Dakwah, Dr. Waryono, M.Ag., berkesempatan membuka kuliah umum prodi termuda Fakultas Dakwah ini. Pada acara ini juga dihadiri lembaga-lembaga mitra Prodi IKS seperti: Lapas Wirogunan, BAPAS Yogyakarta, Rifka Annisa, LSPPA, RS. Sardjito, RSI PDHI, dll.