Pada rilis update terbaru ranking webometrics (7 Februari 2013), ranking UIN Sunan Kalijaga meningkat tajam. Dari sebelumnya pada posisi 98 se-Indonesia (enam bulan kedua tahun 2012), hampir terlempar dari 100 besar, saat ini berada di posisi 54 besar. Dengan posisi baru ini UIN Sunan Kalijaga berada di peringkat 146 se-Asia Tenggara dan nomor 3236 se-dunia. List 100 besar universitas se-Indonesia versi webometrics bisa dilihat di halaman berikut: http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia.

Peringkat baru ini mendekatkan UIN Sunan Kalijaga ke beberapa perguruan tinggi di Jogja lainnya, yang sebelumnya langganan peringkat atas. Seperti : UGM, UMY, UII,UNY, AMIKOM, dan UAD. Sedangkan jika dilihat dari perspektif PTAIN, UIN Sunan Kalijaga mengejar ketertinggalan dari PTAIN yang sering bertengger di peringkat atas (UIN Malang, UIN Jakarta, dan IAIN Sunan Ampel Surabaya).

Ranking webometrics diperbarui dua kali setiap tahun. Di awal tahun dan pertengahan tahun.

Webometrics merupakan salah satu website yang memeringkat perguruan tinggi di seluruh dunia. Dikelola oleh Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), sebuah lembaga penelitian publik di Spanyol. Dari sebuah divisi khusus yang bertugas menangani dinamika informasi web yang dinamakan Cybernetics Division lahirlah Webometrics.

Penilaian webometrics didasarkan pada  faktor-faktor : Visibility (impact) dan Activity (presence,opennes, excellence).

Impact atau dampak diartikan sebagai penilaian pihak luar terhadap isi website UIN Sunan Kalijaga. Dihitung dengan banyaknya link dari website lain yang merujuk ke website UIN Sunan Kalijaga. Penghitungannya didasarkan dari data Majestic SEO dan ahrefs.

Presence atau kehadiran dinilai dengan banyaknya halaman yang terindex di mesin pencari. Terutama google. Bukan hanya halaman html, melainkan termasuk file dengan berbagai macam format. Akan sangat tidak mungkin untuk memiliki presence yang kuat tanpa kontribusi struktur pengelolaan website yang bagus sehingga mampu menerbitkan jutaan halaman web.

Opennes atau keterbukaan. Dilihat dari banyaknya file penelitian (dalam berbagai bentuk) yang terpublikasi dan terindex di google scholar.

Excellence. Dilihat dari banyaknya makalah-makalah akademis yang diterbitkan dalam jurnal internasional.

Dengan  kenaikan ranking ini –yang memang diusahakan– semoga bisa memberikan dorongan agar UIN Sunan Kalijaga semakin kuat dalam memperbaiki kualitas website beserta struktur kerjanya. Bukannya malah selalu melorot setelah berada di 50-an besar. (ahmd)

Sumber :

http://www.webometrics.info/en/Asia/Indonesia

http://www.webometrics.info/en/Methodology

http://www.webometrics.info/en/Asia_Pacifico/South%20East%20Asia?page=1