Setelah kebijakan moratorium penerimaan CPNS berakhir, untuk tahun 2013 ini, pemerintah akan merekrut CPNS hanya sebanyak 60 ribu. Dari jumlah tersebut, 40 ribu untuk daerah dan 20 ribu untuk instansi pusat.

Jumlah tersebut diyakini dapat menciptakan pengetatan pegawai dengan pertimbangan jumlah PNS pensiun sebanyak dua kali lipat dari jumlah penerimaan.

“Kalau yang pensiun sekira 120.000 orang dan yang kami terima 60.000 pegawai, maka itu dapat membantu secara bertahap untuk birokrasi tersebut menerima PNS sesuai kebutuhan,” kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar seusai penetapan kinerja Kemenpan tahun 2013 di Jakarta, Kamis (21/2/2013).

“Usulan tambahan harus berdasarkan analisa jabatan dan analisa beban kerja. Selain itu, instansi itu harus sudah memiliki proyeksi kebutuhan pegawai 5 tahun ke depan,” tambah Azwar.

Penerimaan CPNS juga dibatasi hanya untuk tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, tenaga teknis dan jabatan-jabatan tertentu yang benar-benar dibutuhkan oleh organisasi.

Dalam kesempatan terpisah Plt. Deputi SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Tasdik Kinanto mengatakan, penyuluh pertanian, perikanan dan kehutanan merupakan salah satu prioritas dalam rekrutmen CPNS tahun 2013 ini.

Pemerintah rencananya mulai membuka lowongan CPNS 2013 pada Juni.

Prioritas Kebutuhan CPNS 2013

Sumber : kemenag.go.id, www.menpan.go.id, tribunjogja.com