Kesuksesan seorang mahasiswa tidaklah dapat diukur dari jurusan mana ia berasal. Kesuksesan justru sebagian besar dipengaruhi oleh konstruk pikirannya. Mahasiswa yang dapat mengkonstuksikan pikiran ke arah kesuksesan, insya Allah, ia dapat memperoleh kesuksesan. Di manapun ia berada dan dari jurusan manapun ia berasal.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga, M. Fajrul Munawir, M.Ag., dalam pembukaan sarasehan dalam rangka Milad ke-41 Jurusan  PMI di gedung Theatrikal Fakultas Dakwah pada hari Selasa (05/03) kemarin.

Dekan Fakultas Dakwah, Dr. H. Waryono, M.Ag., saat memberikan kata sambutan,  mengatakan bahwa  tantangan Fakultas Dakwah adalah mengaktualisasikan potensi-potensi yang dimilikinya serta melakukan sinergi dengan potensi-potensi yang dimiliki oleh lembaga lain.  Sebut saja keberhasilan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Bapak Aziz Muslim., M.Pd. yang berhasil mengelola potensi sampah di masyarakat menjadi komoditas yang memiliki  nilai jual yang memberdayakan masyarakat dimana ia tinggal.

Panitia juga mengundang Bambang  Soekamto  yang berhasil meniti karir di birokrasi pemerintahan. Begitu pula Aziz Muslim yang sukses dalam upaya pemberdayaan masyakarat dan juga sebagai dosen Fakultas Dakwah.

Aziz Muslim dalam kesempatan tersebut memberikan motivasi kepada mahasiswa PMI bahwa keresahan mahasiswa tentang masa depannya sesungguhnya dapat dihindari jika mahasiswa mau dan jeli untuk melihat potensi dirinya, potensi masyarakat yang ada disekitarnya, kemudian mengolahnya menjadi sebuah komoditas.

“Maka tantangan Fakultas Dakwah ke depan adalah berupaya menumbuhkan jiwa dan mental kewirausahaan dikalangan mahasiswa sehingga saat terjun di masyarakat mahasiswa sudah betul-betul siap memberdayakan diri dan masyarakat yang ada di sekitarnya,” tegas Aziz Muslim.