Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta akan mengadakan Seminar Nasional dan Forum  KPI Se Indonesia dengan tema : Optimalisasi FORKOPIS, Penguatan Desain Institusional dan Keilmuan Jurusan KPI pada tanggal 8-10 Oktober 2013 bertempat di University Hotel UIN Sunan Kalijaga, Jl. Laksda Adisucipto Yogyakarta. Peserta Seminar Nasional ini terdiri dari Ketua Jurusan/Prodi, Sekretaris Jurusan/Prodi dan Wakil Dosen KPI di Perguruan Tinggi Islam se Indonesia.  Sejumlah narasumber direncanakan hadir dalam seminar nasional ini, diantaranya : Prof. Dr. Amin Abdullah, Dr. M. Sulthon, M.Ag, dan Gun Gun Heryanto, M. Si.
Forum Komunikasi Penyiaran Islam (FORKOPIS) selama ini belum mempunyai peran optimal sebagai wadah asosiasi para dosen KPI dan juga dalam pengembangan keilmuan. “Bahkan, sebagian besar dosen-dosen KPI belum menjadi anggota FORKOPIS karena belum tersosialisasi degan baik di seluruh universitas di Indonesia,” ungkap Septiana Kurnia Dewi, salah satu panitia seminar, dalam rilisnya (03/10).
Keberadaan keilmuan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) dewasa ini semakin menunjukkan perkembangan yang baik, dilihat dari segi orientasi kurikulum yang banyak bermuatan praktek, baik dari sisi jurnalistik, broadcasting, public relation, advertising, dan public speaking. Namun demikian, dalam perkembangannya mengalami banyak tantangan sehingga membutuhkan epistemologi yang jelas.
“Tidak hanya epistemologi dan rancangan keilmuan yang perlu diperhatikan kejelasannya, namun perlu juga masing-masing jurusan KPI di tiap Universitas membuka problem yang selama ini menghambat perkembangan penajaman keilmuan KPI dan mulai melihat peluang pasar serta membangun strategi untuk memenuhinya, “ tambahnya.
Maka seminar nasional ini didesain untuk mengoptimalisasikan FORKOPIS agar berperan secara maksimal sebagai assosiasi para ilmuan di jurusan KPI. Selain itu, dengan beragamnya fenomena jurusan KPI di Indonesia maka deperlukan sebuah penguatan desain institusional dan ciri khas keilmuan jurusan KPI.
“Dengan adanya acara seminar nasional ini, diharapkan mampu memecahkan permasalahan mengenai penajaman keilmuan jurusan ke-KPI an di Indonesia,” tandasnya.