Di sela-sela kegiatan International Training and Overseas Visit Study on Community Library di Malaysia, Ketua jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Muhsin Kalida, M.A., mengadakan kunjungan dan penjajagan kerjasama dengan Fakultas Dakwah Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Jumat (28/03) pekan lalu.

Kunjungan tidak resmi yang difasilitasi Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) DIY kerjasama Al-Khidmah Malaysia tersebut mendapat sambutan yang hangat dari pihak UKM. Karena banyak hal yang tidak diduga muncul, yang kemungkinan bisa ditindaklanjuti dengan Letter of Intent (LOI).

Muhsin Kalida memaparkan kepada dakwah.uin-suka.ac.id, jurusan BKI UIN Sunan Kalijaga dan jurusan BKI di UKM memiliki rumpun yang mirip, bahkan banyak kesamaan-kesamaan. Diantaranya adalah, sama-sama di bawah Fakultas Dakwah dan beberapa mata kuliah yang memiliki muatan praktik, seperti Magang dan Praktikum.

Magang dan Praktikum juga dilaksanakan oleh mahasiswa Jurusan BKI di UKM, tetapi praktikum tersebut masih mirip dengan kegiatan Praktikum Dakwah kisaran tahun 1990an kalau di UIN Sunan Kalijaga. Mahasiswa jurusan BKI UKM lebih diarahkan ke konsentrasi Masyarakat, bukan untuk sekolah/madrasah sebagaimana yang ada di UIN Sunan Kalijaga.
Pada saat ini, praktikum jurusan BKI UKM, lebih banyak dikirim ke beberapa negeri (wilayah setingkat provinsi), terutama Malaysia Timur untuk memberi konseling terhadap masyarakat yang disinyalir akan berubah aqidahnya. Kegiatan tersebut dibiayai oleh Kerajaan Malaysia secara penuh, tetapi kalau di jurusan BKI UIN Sunan Kalijaga dibiayai sendiri oleh mahasiswa.

“Poin pokok, yang bisa ditindaklanjuti oleh para pimpinan UIN Sunan Kalijaga, atau minimal di Fakultas Dakwah dan Komunikasi adalah munculnya kerjasama pertukaran mahasiswa atau dosen dalam kegiatan Magang atau Praktikum BKI, karena hal ini yang sangat memungkinkan dilakukan,” tegas Muhsin.