Jurusan Manajemen Dakwah (MD) resmi me-launching Study Club Research Manajemen Dakwah (SCREMD), program sekaligus komunitas penelitian bagi mahasiswa MD. Acara launching dilakukan di Gedung Teatrikal Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Suka, Sabtu (01/03) kemarin. Dekan FDK, Dr. H. Waryono, M.Ag. turut hadir bersama Ketua Jurusan MD, Drs. Rosyid Ridla, M.Si., beberapa dosen MD, mahasiswa, dan tamu undangan.

Rosyid Ridla menyatakan SCREMD adalah rangkaian program dan kegiatan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) MD khususnya, serta jurusan MD pada umumnya, dalam rangka meningkatkan iklim penelitian. “Kegiatan lain yang menyusul diantaranya adalah penerbitan jurnal MD yang sudah lama mati suri,” tambahnya.

Program ini juga diapresiasi oleh Dekan FDK, Waryono. “Program ini dapat merangsang penelitian yang saat ini gairahnya rendah. Harapannya, SCREMD dapat menghasilkan penelitian berkualitas di UIN Suka, yang beberapa diantaranya kurang berbobot.”

Terkait penelitian, Waryono juga berbagi pengalamannya mengenai wacana Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Ada wacana bahwa seharusnya urutan pertama dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi itu penelitian, baru pengajaran dan pendidikan. Sehingga pengajaran akan berbasis penelitian. Berbeda dengan selama ini, pengajaran hanya berdasarkan hasil common sense, atau apa yang ada di bacaan semata,” tambahnya.

MD dan Penelitian

Acara peluncuran yang dikemas dalam bentuk simposium ini menghadirkan tiga pembicara. Pertama, dosen jurusan MD, Ruspita Rani Pertiwi, S.Psi., MM., yang menyajikan tren penelitian di MD. Dilanjutkan oleh pembicara kedua, dosen yang juga alumni MD, Ade Gunawan, S.Sos.I., MM., menyinggung soal rendahnya penelitian di Indonesia jika dibandingkan dengan negara lain.

Materi terakhir disampaikan oleh mahasiswi jurusan MD, Hanifah Nur’aini, menyajikan hasil penelitiannya terkait tingkat kepuasan mahasiswa MD terhadap konsentrasi Manajemen Lembaga Keuangan Islam (MLKI) dan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM). (http://lpmrhetor.blogspot.com)