Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) menerapkan sistem unggah berkas PDF skripsi mandiri oleh mahasiswa. Sistem ini diberlakukan mulai Agustus 2014 dan diperuntukkan pertama kali bagi calon wisudawan bulan Desember 2014.

Menurut rilis resmi laman perpustakaan UIN Suka (08/08), mahasiswa dapat melakukan upload file PDF skripsinya secara mandiri dari berbagai tempat sehingga mengurangi antrian di perpustakaan. Dengan layanan baru ini, setelah mahasiswa mengunggah datanya, selanjutnya pustakawan akan melakukan verifikasi, dan mahasiswa dapat segera memperoleh keterangan bebas pustakanya.

Sistem ini diberlakukan dengan pertimbangan tingginya volume pekerjaan staf perpustakaan (pustakawan), meningkatnya jumlah pemustaka yang dilayani, keterbatasan jumlah SDM, serta keterbatasan waktu ketika masa menjelang batas akhir wisuda mahasiswa.

Kondisi tersebut menimbulkan beban psikologis pada pustakawan dan pemustaka yang menghendaki layanan penyerahan berkas PDF skripsi dan bebas pustaka di perpustakaan UIN Suka.

Hadirnya aplikasi sistem layanan upload mandiri dan bebas pustaka online yang terkoneksi dengan sistem layanan akademik UIN Sunan Kalijaga pada saat ini merupakan sebuah solusi atas persoalan tersebut.