Abdullah Fikri, mahasiswa difabel  UIN Sunan Kalijaga membawakan performansi akustik gitar di sela-sela pembukaan DACon 2014, sore ini (7/11). Ditemani satu relawan Pusat Layanan Difabel (PLD) UIN Suka, Chaerizanisasi, Fikri membawakan lagu Laskar Pelangi dan beberapa lagu Citra Skolastika. Alunan gitar Fikri terdengar merdu, tanpa jeda, berkolaborasi dengan olah vokal Chaerizanisasi.

Ketika ditanya bagaimana bisa menguasai ketrampilannya tersebut, Fikri mengatakan bahwa itu didapatkannya dari asrama difabel dahulu. “Temen-temen senior, turun temurun mewariskan ketrampilan tersebut,” kata Fikri, difabel yang mengalami gangguan dalam penglihatan ini.

Fikri menambahkan dengan semakin meningkatnya perhatian ke difabel sekarang ini, sudah tidak ada kata tidak untuk tidak kuliah. Abdullah Fikri saat ini sedang menyelesaikan studinya di program pasca sarjana UIN Suka, setelah sebelumnya menempuh sarjana di jurusan Jinayah Siyasah, Fakultas Syari’ah UIN Suka.

Sementara itu, Chaerizanisasi, seorang mahasiswi semester 3 jurusan IKS, masih menyempatkan waktunya untuk menjadi relawan di PLD UIN Suka. “Saya aktif juga di Arena, BOM-F seni, Forkomkasi, speaking-speaking English, dan asrama,” kata dia, “kuncinya bisa mengatur waktu, saya dahulukan yang prioritas-prioritas dulu.”