Wakil Rektor 3 UIN Sunan Kalijaga, Dr. H. Maksudin, M.Ag., membuka secara resmi acara Dakwah Annual Conference 2014 (DACON 2014), sore ini. Acara tahunan Fakultas Dakwah dan Komunikasi yang ketiga ini, kali ini diselenggarakan di Hotel Cakra Kembang, Jalan Kaliurang Yogyakarta. Hadir pula bapak Prof. Drs. H. Akh. Minhaji, M.A., Ph.D., rektor UIN Suka terpilih.

Mendukung tema resmi acara ini, Merajut Indonesia Damai dengan Dakwah Humanis, Maksudin mengatakan bahwa damai itu adalah fitrah manusia. “Sifat hanif manusia itu cinta damai. Ketika manusia kembali ke fitrahnya akan selalu damai, dengan siapapun, kapanpun, dimanapun,” ucap Maksudin.

Maksudin juga menyoroti keadaan kontemporer Indonesia sekarang. “Melihat Indonesia sekarang, hingga saat ini, kenapa bangsa kita belum dewasa-dewasa, padahal amanah itu hakikatnya milik allah. Tidak diperebutkan. Bukan hanya dipertanggungjawabkan ke sesamanya, tetapi sampai ke pemiliknya,” tegas dia.

“Ketika manusia Indonesia kembali ke fitrahnya, dia akan selalu berbuat yang semuanya adalah untuk kedamaian. Semoga pemimpin-pemimpin kita itu, kembali ke fitrahnya,” tambahnya.

Selain itu, kata pimpinan Densus 88 ketika mengisi acara di Surabaya, ternyata dari segi keamanan, dunia internasional itu sangat menghargai bangsa kita. Karena kita memiliki ikatan ideologi Pancasila. Dimana negara lain tidak mempunyainya. Pancasila kita sesuai dengan fitrah manusia.

“Dengan dakwah humanis, dengan tema ini, kita betul-betul berdakwah dengan memanusiakan manusia sesuai dengan fitrahnya, sehingga bisa mewujudkan Indonesia damai,” tegas Maksudin, “juga, tema ini tolong tidak hanya slogan, namun actionnya. Karya tulisan-tulisan, bagaimana menyejukkan, tidak muncul kecurigaan, kecemburuan.” (ahmd)