Jurusan Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengadakan diskusi dengan tema ‘Kekerasan dalam Pacaran (KDP): Problem Masa Kini’, pagi ini, bertempat di ruang teatrikal dakwah.

Panitia diskusi menghadirkan narasumber Rina Widarsih dari Rifka Annisa Women’s Crisis Centre dan Andayani dari Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga (LK3) SUKA. Abidah Muflihati selaku Direktur LK3 SUKA bertindak sebagai moderator.

Dekan FDK, Dr. H. Waryono, dalam sambutannya memberikan apresiasi pada acara ini dan mengharapkan mahasiswa peserta diskusi belajar banyak dari Rifka Annisa dalam hal menangani kasus-kasus kekerasan dalam pacaran.

Sementara itu, sekretaris jurusan Muhammad Izzul Haq memberikan garis bawah bahwa kekerasan dalam pacaran bisa mengganggu keberfungsian sosial. “Persoalan terkait keberfungsian sosial inilah yang menjadi concern mahasiswa IKS nantinya,” imbuh Izzul.

Narasumber Andayani dalam pemaparannya menjelaskan definisi KDP sebagai sebuah pola dari tindakan/ancaman kekerasan yang bersifat fisik, emosional dan/atau seksual. Dilakukan oleh pasangan kepada pacar atau mantan pacar, dalam rangka mempertahankan kekuasaan dan kontrol.

Kekerasan dalam pacaran, tambah Andayani, terbagi dalam kekerasan verbal/emosional, kekerasan fisik, kekerasan seksual, dan kekerasan digital.

Melanjutkan pemaparan Andayani, Rina Widarsih berpandangan, kekerasan dalam pacaran juga mencakup kekerasan ekonomi, kekerasan psikis, dan kekerasan sosial. Dampaknya pada kesehatan fisik, kesehatan mental, kesehatan reproduksi, dan lahirnya perilaku kesehatan yang negatif. Salah satu indikasi munculnya KDP adalah ketika relasi antar pasangan timpang atau tidak setara.

“Untuk mengatasinya, pencegahan yang dilakukan perlu mulai dari individu, mikro, mezzo, dan makro,” lanjut Rina.

Acara diskusi yang dihadiri ratusan mahasiswa ini merupakan kerjasama antara jurusan IKS, LK3 SUKA, dan Rifka Annisa. Diselenggarakan dalam rangka kegiatan career show jurusan IKS yang menjadi kegiatan rutin tahunan jurusan. Career show merupakan ajang pengenalan pilihan karir profesi mahasiswa IKS setelah lulus.

Izzul Haq mengakhiri diskusi dengan sosialisasi singkat program magang dan kerja di Rifka Annisa WCC. Dilakukan pula penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Rifka Annisa dan jurusan IKS dalam hal program magang mahasiswa tingkat akhir. (izzul/ahmd)