Jalur pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2015 telah dibuka kemarin. Panitia Lokal (Panlok) 46 Yogyakarta membuka kuota sebanyak 6.186 calon mahasiswa baru.

Ketua Panitia SBMPTN Panlok 46, Prof. Sutrisno menjelaskan kepada wartawan kemarin (11/05), Panlok 46 Yogyakarta akan menerima 6.186 mahasiswa baru. Panlok 46 terdiri Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta.

Prof Sutrisno menyebutkan, persyaratan untuk mengikuti SBMPTN 2015 tidak berbeda dengan tahun 2014. Seleksi dapat diikuti seluruh lulusan SMA, MA, dan SMK tahun 2013, 2014, dan 2015. Untuk lulusan 2013 dan 2014 harus memiliki ijazah, sedangkan lulusan 2015 dibuktikan dengan Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah.

Pada hari pertama pendaftaran SBMPTN kemarin, hingga pukul 13.00 WIB, sudah ada 160 pendaftar. Calon mahasiswa dapat melakukan pendaftaran melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.or.id.

“Penyelenggaraan seleksi ini mendapatkan subsidi dari pemerintah sehingga pendaftar hanya membayar Rp 100 ribu,” kata Sutrisno.

Pendaftar, kata Sutrisno, dapat memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi (prodi). Jika calon mahasiswa memilih satu program studi, dapat memilih di PTN manapun. Jika memilih dua atau tiga prodi, salah satunya harus di PTN yang berada di wilayah yang sama dengan tempat peserta mengikuti ujian.

Materi ujian SBMPTN meliputi Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek), Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA), dan Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Hukum (TKD Soshum). “Peserta seleksi kelompok Saintek akan mengerjakan materi TKPA dan TKD Saintek. Kelompok Soshum, mengerjakan materi TKPA dan TKD Soshum. Sedang kelompok campuran harus menyelesaikan TKPA, TKD Saintek dan TKD Soshum,” terang dia.

Pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN, tambah Sutrisno, akan dilaksanakan Selasa, 9 Juni 2015. Untuk kelompok IPS, bertempat di UNY dan UPN, kelompok IPA dilaksanakan di UGM, sedang kelompok campuran dilaksanakan UIN Sunan Kalijaga.

Hasil seleksi ujian SBMPTN akan diumumkan, sebulan setelah ujian, Kamis, 9 Juli 2015. Pengumuman hasil seleksi dapat dilihat di laman http://sbmptn.or.id.

Jurusan IKS

Untuk peminat jurusan IKS yang belum berhasil di seleksi SNMPTN dapat mengikuti jalur seleksi SBMPTN ini. Jurusan IKS masuk kelompok soshum (IPS). Data lebih lengkap bisa dilihat di sini.

(uin-suka.ac.id)