Dekan FDK UIN Suka Dr Nurjannah menjadi narasumber program dokumenter Jejak Islam di Tanah Jawa

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Suka Dr. Nurjannah menjadi narasumber program dokumenter Jejak Islam di Tanah Jawa.

Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Fakultas Adab dan Ilmu Budaya, serta Jogja TV bekerjasama membuat serial tayangan televisi Jejak Islam di Tanah Jawa. Acara ini ditayangkan Jogja TV selama bulan Ramadhan ini, mulai pukul 5 sore, atau sebelum buka puasa.

Alimatul Qibtiyah, Ph.D. menyampaikan program dokumenter dalam durasi 30 menit ini memberikan paparan kepada pemirsa tentang perjalanan Islam di tanah Jawa mulai dari abad XIII hingga masa pergerakan nasional.

Dakwah Islam dilakukan dengan beragam metode. Bahkan hingga kini jejak yang ditinggalkannya tak lekang oleh kilasan jaman. “Asimilasi agama dan budaya yang dikemas indah oleh para wali menghasilkan Islam moderat yang sarat akan pengetahuan budaya dan tasawuf,” kata pejabat Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan ini.

“Pemirsa diajak melihat kembali masa lampau, mulai dari akhir kejayaan Majapahit, kedatangan pemeluk Islam awal di Jawa, kunjungan Laksamana Cheng Hoo, Raden Patah dalam mendirikan Demak, Sekaten, Walisongo, Kasultanan Pajang, Mataram, Surakarta, Ngayogjokarto, hingga masa pergerakan nasional, dan berdirinya NU-Muhammadiyah,” ulasnya lebih rinci.

Dalam program ini, Ibu Evi Septiani TH, M.Si. bertindak sebagai koordinator. Proses pengambilan gambar berlokasi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Respon masyarakat selama ini, terlihat dari komentar yang masuk, sangat bagus. “Mungkin karena jangkauan Jogja TV yang sampai ke daerah-daerah, kemudian waktunya juga pas sebelum buka, ditambah lagi berbarengan dengan isu islam nusantara,” imbuhnya.