Update! Pendaftaran dibuka untuk semester 1 sampai besok, Selasa, 27 Oktober 2015.

Program pengembangan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi tahun 2015 akan dilaksanakan secara serentak setelah selesai Ujian Tengah Semester (UTS) gasal 2015/2016.

Program ini terdiri dari empat pelatihan yaitu:

  1. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah
  2. Pelatihan Motivasi Berprestasi (AMT)
  3. Pelatihan Pengembangan Organisasi dan Kepemimpinan
  4. Pelatihan Pengembangan Kompetensi Fakultas

Agar nilai manfaat dari program ini dirasakan oleh lebih banyak mahasiswa, maka setiap mahasiswa hanya dapat memilih satu pelatihan. Selain itu karena kuota terbatas, jika pendaftar melebihi kuota maka akan diadakan seleksi.
Target sasaran dari program ini adalah mahasiswa angkatan 2014 (semester 3) ke atas.

A. Jadwal Kegiatan

No Nama Pelatihan Sasaran Waktu Tempat Kuota
1 Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Angkatan 2012 ke atas (smt 5 ke atas) Periode I, 29 Oktober 2015

Periode II, 30 Oktober 2015

Teatrikal Dakwah 248 (124×2)
2 Pelatihan Motivasi Berprestasi Angkatan 2013 dan 2014 (smt 3 dan 5) 31 Oktober 2015 Teatrikal Dakwah 100
3 Pelatihan Pengembangan Organisasi dan Kepemimpinan Angkatan 2013 dan 2014 (smt 3 dan 5) Periode I, 29 Oktober 2015

Periode II, 30 Oktober 2015

Periode III, 31 Oktober 2015

Ruang Sidang IV Lemlit 405 (135×3)
4 Pelatihan Pengembangan Kompetensi Fakultas Angkatan 2012 dan 2013 (smt 5 dan 7) 29-31 Oktober 2015 Ruang Sidang FDK 100
Jumlah 853 mhs

 

B. Syarat Pendaftaran

  1. Aktif sebagai mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga dari semua jurusan (smt 3 ke atas)
  2. Membuat tulisan terkait motivasi mengikuti training yang dipilih, sekitar 200 kata.
  3. Mendaftar melalui formulir online paling lambat tanggal 27 Oktober 2015.

C. Penjelasan Setiap Jenis Pelatihan (Training)

 

1. Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah

Potensi penulisan dan publikasi di kalangan mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga saat ini cukup besar. Harus diakui, sudah banyak mahasiswa S-1 yang memiliki publikasi, baik dalam bentuk buku maupun artikel di media massa. Hanya saja, semua itu dalam bentuk karya populer.

Bentuk-bentuk karya tersebut jelas berbeda dengan model-model artikel yang khusus ditulis untuk publikasi jurnal ilmiah. Dari segi isi, bahasa, data, teori, penyajian, maupun pembahasannya, artikel untuk jurnal ilmiah memiliki karakteristik tersendiri, yang tidak sama dengan karya-karya populer yang lebih dikenal mahasiswa.

Dengan demikian dibutuhkan pelatihan penulisan karya Ilmiah bagi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan tujuan:

  • Memperkenalkan tradisi serta ragam dan bentuk jurnal ilmiah-akademis
  • Mendorong semangat penulisan dan publikasi artikel akademis-ilmiah
  • Melatih para mahasiswa menulis artikel almiah-akademis untuk kepentingan publikasi di jurnal ilmiah
  • Memperkenalkan proses publikasi tulisan di jurnal terstandar/terakreditasi

Materi yang akan disampaikan diantaranya:

  • Plagiarisme dan etika akademik
  • Editing bahasa
  • Bahasa ilmiah vs bahasa populer
  • Jargon, bahasa lisan, ceramah
  • Menulis Kutipan
  • Transliterasi
  • Bibliografi
  • Penggunaan program komputer

Narasumber pada pelatihan ini para dosen FDK yang mempunyai peangalaman menulis dan mengelolaan jurnal ilmiah (Bapak Saptoni MA, Bapak Arif Maftuhin MA, Bapak Dr Irsyadunnas dan Bapak Dr. Abdur Rozaki) serta narasumber yang berkompeten dari luar UIN Sunan Kalijaga.

Peserta adalah mahasiswa angkatan 2012 ke atas (smt 5 ke atas) berjumlah 124 orang pada periode I dan 124 orang pada periode II.

Periode pertama akan dilaksanakan pada hari Kamis, 29 Oktober 2015 dan periode kedua dilaksanakan pada hari Jumat, 30 Oktober 2015 mulai jam 8.00 sampai 16.00 WIB di Teatrikal Dakwah.

2. Pelatihan Motivasi Berprestasi

Menjadi mahasiswa atau alumni Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, tidaklah cukup modal intelektual belaka sebagai satu-satunya modal untuk pengembangan diri dan beradaptasi dengan dunia luar. Kemampuan akademik mesti diintegrasikan dengan semangat motivasi tinggi, dan internalisasi nilai-nilai yang  dibutuhkan untuk membangun kekuatan karakter, dan kerja keras atau kesungguhan untuk mewujudkan itu semua.

Melalui pelatihan ACHIEVEMENT  MOTIVATION TRAINING (AMT) diharapkan mahasiswa mendapatkan masukan dan proses pengembangan diri di dalam melakukan internalisasi nilai-nilai guna membangun karakter yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat.

Di samping itu, melalui training AMT, diharapkan mahasiswa memiliki tanggungjawab, ketangguhan mental dan kesungguhan di dalam mewujudkan apa yang dicita-citakannya. Semua itu dalam rangka ikut serta mencerdaskan bangsa.

Posisinya sebagai mahasiswa, para peserta akan dibekali teknik membangun motivasi  melalui pembangunan karakter dan informasi studi lanjut di luar negeri serta tehnik belajar ke luar negeri dengan beasiswa. Selain itu juga akan dibekali dengan motivator di bidang entrepreneur, sehingga selesai lulus jika tidak memilih jalur akademik, sarjana lulusan FDK dapat menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya dan orang lain.

Pelatihan ini akan mengundang narasumber di bidang AMT: Andy Dermawan, M.Ag., Alimatul Qibtiyah, Ph.D., dan motivator enterprenuer dari Kedai Digital serta Ferry Irawan (Waroeng Steak and Shake).

Kuota AMT ini 100 orang dari angkatan 2013 dan 2014 (SMT 3 dan 5). Pelatihan akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 31 Oktober 2015 di Teatrikal Dakwah pada jam 08.00 sampai jam 16.00 WIB.

3. Pelatihan Pengembangan Organisasi dan Kepemimpinan

Mahasiswa dituntut untuk tidak hanya sukses dibidang akademik, tetapi juga di luar akademis termasuk diantaranya kesuksesan dalam berorganisasi. Di UIN Sunan Kalijaga banyak UKM dan LKM baik ditingkat universitas maupun di tingkat fakultas. Di Fakultas Dakwah Komunikasi ada oranisasi intra kampus diantaranya SEMA, DEMA, HMJ, dan beberapa LKM seperti Mitra Ummah, Rhetor, dan Seni dan Budaya.

Eksistensi organisasi tersebut, membutuhkan pelatihan bagi para pengurusnya sehingga organisasi dapat berjalan dengan sehat dan baik. Aspek struktur, budaya, administrasi, keuangan, fundraising, dan networking adalah aspek yang penting untuk dilatih bagi para pengurus organisasi tersebut.

Oleh karena itu, pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada mahasiswa khususnya pengurus UKM dan LKM di Fakultas Dakwah dan Komunikasi dengan target sasaran yaitu mahasiswa semester 3 dan 5 atau angkatan 2013 dan 2014.

Pelaksanaan pelatihan periode pertama pada tanggal 29, periode kedua 30 dan periode ketiga 31 Oktober 2015 di Ruang Sidang IV lantai 2 Lemlit UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dari jam 8.00 – 16.00 WIB.

Narasumber adalah para pakar di bidangnya baik dari dalam FDK maupun dari luar FDK. Salah satunya adalah Yusron Aminullah, M.NLP.

4. Pelatihan Pengembangan Kompetensi Fakultas

Laju globalisasi yang ditandai oleh perkembangan ilmu, teknologi dan pemikiran rasional telah menciptakan dunia yang lepas kendali, Anthony Giddens menyebutnya sebagai Runaway World. Globalisasi memiliki dimensi politik, teknologi, budaya, ekonomi dan yang paling utama sangat dipengaruhi pula oleh berbagai perkembangan sistem komunikasi baru. Sebagaimana perkembangan jenis-jenis komunikasi elektronik yang saling teritegrasi melalui transmisi satelit. Begitu juga dengan perkembangan inovasi produk teknologi digital media, menciptakan perekonomian elektronik global (global electronic economy). Hukum ekonomi supply dan demand berlangsung begitu cepat melampaui batas-batas negara dan kawasan.

Menghadapi tantangan tersebut, FDK mengadakan workshop kompetensi kefakultasan yang di dalamnya akan menggembleng para para mahasiswa agar memiliki kemampuan berfikir dan menulis kreatif dalam komunikasi media baru, baik itu di bidang produksi Radio dan TV, desain promo iklan, desain kampaye medsos dan sejenisnya.

Beberapa narasumber dari luar FDK diantaranya dari AdiTV, NET.TV, dan TV One. Kuota pelatihan ini untuk 100 mahasiswa angkatan 2012 dan 2013 (semester 5 dan 7). Acara akan dilaksanakan 29-31 Oktober 2015, di Ruang Sidang FDK dari jam 08.00-17.00 WIB.