image001

Hari ini 23 November 2015, it’s special day for BKI…, karena berhasil menginisiasi kerjasama dengan Taiwan, satu diantara dua negara yang tidak ada hubungan diplomatik dengan Indonesia, selain Israel.

Karena tidak ada hubungan diplomatik, sehingga di sana tidak ada KBRI yg dapat membantu keberadaan WNI. Padahal lebih dari 250 ribu TKI bekerja di sana. Jelaslah walaupun dari sisi ekonomi para TKI ini telah mapan, tetapi dari sisi pendidikan dan mental spiritual perlu mendapat sentuhan, agar tidak hanyut dalam arus budaya global. Karena kebanyakan dari mereka berasal dari daerah yang dari kecil memang minim pendidikan (karena harus bergelut dengan kehidupan).

Muncullah YPN Bhakti Jaya Indonesia, sebuah lembaga yang peduli pada nasib mereka. Melalui program pendidikan non-formal dan berkelanjutan dengan menyelenggarakan pendidikan, taman bacaan masyarakat, lembaga kursus, serta pelatihan di Taiwan.

Melalui media inilah Prodi BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi menjalin kerjasama,dengan menghadirkan langsung Bapak Bambang Nur Fauzi selaku Pimpinan YPN Bhakti Jaya Indonesia, sekaligus owner lembaga tersebut. Bersama Direktur Lab BKI, Bapak Muhsin Kalida, M.A., ditemani Kaprodi BKI Bpk. A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si. menggalang kerjasama guna memajukan kedua lembaga.

Kerjasama ini sungguh luar biasa, karena banyak hal yg bisa dilakukan kedua belah pihak, terkait program pendidikan. Seperti beasiswa, pelaksanaan program PPL (Praktik Pengalaman Lapangan), advokasi, konseling, dll.

Thank to Volunteer Lab BKI Divisi Seminar, yang telah membantu pelaksanaan inisiasi kerjasama ini. Untuk seluruh mahasiswa BKI, khususnya angkatan 2013-2015 Taiwan is waiting for you.

Jogja, 23 Nov 2015
A. Said Hasan Basri