Panitia, Narasumber, dan Peserta Kuliah Umum Prodi BKI Berfoto Bersama, Teatrikal FDK UIN Suka, Selasa, 3 Nopember 2015.

Panitia, Narasumber, dan Peserta Kuliah Umum Prodi BKI Berfoto Bersama, Teatrikal FDK UIN Suka, Selasa, 3 Nopember 2015.

Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) FDK UIN Suka menyelenggarakan kuliah umum pada hari Selasa (3/11) kemarin. Tema kuliah umum kali ini adalah “Peran Konselor Islam dalam Penanganan Gepeng dan Psikotik”. Bertempat di Teatrikal FDK UIN Suka.

Panitia mengundang narasumber Bapak Drs. Rahmad Joko Widodo. Beliau adalah Koordinator Peksos dan Konselor Masyarakat dari Dinas Sosial yang bertugas di Panti Sosial Bina Karya. Narasumber kedua yaitu Ibu Aan.

Sebelum para narasumber menyampaikan materi, dua mahasiswi BKI diberi kesempatan untuk menyampaikan pengalamannya mengenai beasiswa yang pernah diraihnya. Kurnia Azizah Anwar, mahasiswi BKI angkatan 2012 yang berhasil mengikuti kompetisi scholarship di Philipina. Pada tahun 2016 kembali berangkat ke Jepang untuk kompetisi yang sama.

Kurnia Azizah didampingi Khairun Nisa Sagala, mahasiswi 2013 yang juga sudah beberapa kali studi komparatif ke beberapa negara Asean.

“Mereka berdua, harapannya bisa menggugah adik-adik tingkatnya (peserta kuliah kmum angkatan 2014 dan 2015) sehingga BKI baik secara lembaga, maupun mahasiswanya benar-benar menuju World Class University,” kata A. Said Hasan Basri, Ketua Jurusan BKI melalui rilisnya, Rabu (4/11).

Setelah sharing pengalaman scholarship, baru dilanjutkan ke acara inti oleh kedua narasumber didampingi Direktur Lab. BKI Bapak Muhsin Kalida, S.Ag., M.A.

Secara ringkas materi yang disampaikan narasumber poin utamanya terkait dengan:

  1. Masalah yang dihadapi Gepeng (Gelandangan & Pengemis) dan Psikotik
  2. Layanan Bimbingan dan Konseling di Panti Sosial Bina Karya Yogyakarta
  3. Penangan terpadu Gepeng dan Psikotik di Panti Sosial Bina Karya Yogyakarta
  4. Strategi pendekatan yang digunakan PSBK dalam Penangan terpadu Gepeng dan Psikotik di Panti Sosial Bina Karya Yogyakarta
  5. Keberhasilan PSBK dalam membina warga Gepeng dan Psikotik di Panti Sosial Bina Karya Yogyakarta.

“Kami mengucapkan terimakasih untuk semua yang terlibat pada kegiatan ini, seluruh Dosen BKI yang juga hadir mulai WD 1, Bapak Drs. Lathiful Khuluk, Ph.D., Dr. Irsyadunnas, M.Ag., Nailul Falah, M.Si., Zein Musyrifin, M.Pd.I., dan dosen lainnya,” kata Said, “serta kepada volunteer Lab. BKI yang dimotori oleh Mbak Aulia Fahda Fauzia, Ilham, juga temen-temen Volunteer Lab. BKI lainnya.” []