Alimatul Qibtiyah

Salah satu kata bijak dari seorang filosof yang bernama Dorothy Law Nolte, mengatakan bahwa “Kalau anak dibesarkan dengan penghargaan atas keberhasilannya, ia akan belajar Menyenangi Prestasi dan memahami tujuan keberhasilan itu”. Setiap manusia berharga dan manusia dalam Islam adalah makhluk Tuhan yang tertinggi.

Dalam Qur’an Surat An Nisa’ ayat 86 dan Al Hujurat ayat 11 menyebutkan bahwa:
“Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik daripadanya, atau balaslah penghormatan itu dengan yang serupa, Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu” (Nisa’ ayat [4]: 86).

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan sekumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik darin mereka dan janganlah sekumpulan orang perempuan merendahkan sekumpulan yang lain, boleh jadi yang direndahkan lebih baik dan janganlah suka mencela dirimu sendiri dan jangan memanggil dengan gelar yang mengandung ejekan. Seburuk-buruk panggilan adalah (panggilan) yangburuk sesudah iman dan barangsiapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim” (Al Hujurat [49]: 11).

Dari dua ayat tersebut jelas bahwa Islam mengajarkan penghormatan dan juga penghargaan pada orang lain. Bahkan di surat Al Hujurat tidak boleh mencela diri sendiri. Jika mencela diri sendiri aja tidak boleh apalagi mencela orang lain.

Salah satu lagu yang jawa yang biasa untuk meninabobokan sang buah hati juga penuh dengan penghargaan. Tak lelo lelo lelo legung gek ndang bobok anaku cah bagus/cah ayu….
Dalam bahasa Inggris, juga ada lagu yang sangat familiar di telinga anak-anak yaitu: yang ditulis oleh Johnny Cash dengan judul You are My Sunshine

You are my sunshine,
my only sunshine,
you make me happy when skies are gray,
You’ll never know dear how much I love you
please don’t take my sunshine away.

Artinya: Kaulah sinar mentariku,
satu-satunya mentariku,
kau membuatku bahagia di saat langit kelabu,
kau tak kan pernah tahu betapa besarnya cintaku padamu,
mohon jangan ambil sinar mentariku

Dasar filosofis dan normative serta ekpresi penghargaan pada lagu tersebut baik untuk kita implementasikan di sekolah-sekolah yang mempunyai tujuan salah satunya menjadikan anak-anak yang bermartabat. Secara sosiologis, masyarakat kita masih banyak mencela daripada memuji. Bahkan dalam sebagian masyarakat percaya bahwa jika memberikan penghargaan pada anak di depan orang lain dikatakan ‘ora elok’. Sehingga sering kita dengar, tanpa ada sebab apa, tiba-tiba bapak atau ibu mereka mengatakan kepada tamu, “wah kalau anak saya itu bandel je”.

Menurut saya perlu dibedakan antara kesombongan dan kebanggaan. Kalau sombong ada unsur ingin menyakiti orang lain, tetapi kalau bangga lebih menekankan pada penghargaan dan penerimaan harga diri (dignity) seseorang.

Salah satu cara meningkatkan harga diri anak di sekolah, maka perlu dilakukan beberapa strategi. Sekolah harus menjadikan bahwa setiap anak itu merasa istimewa didasarkan pada potensi berbeda-beda yang dimilikinya. Ada empat macam penghargaan yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah yaitu, penghargaan akademik (curricular award), penghargaan kehadiran (attendance award), penghargaan karakter (character awards), dan penghargaan yang bertujuan untuk kesenangan dan keakraban (fun awards).

Penghargaan Akademik (curricular award)
Untuk memberikan penghargaan yang berdasar prestasi akademik secara umum di Indonesia sudah banyak, namun yang belum banyak dilakukan adalah pemberian penghargaan yang berdasarkan spesifik Mata Pelajaran, misalnya terbaik di Matematika, terbaik di Bahasa Inggris, terbaik di Bahasa Jawa, terbaik di Tarikh dan lain-lain. Karena itu pemberian penghargaan yang berdasar pada mata pelajaran perlu dimulai, sehingga anak akan merasa dirinya berharga di bidang yang memang dia menguasai dan menyenanginya.

Penghargaan akan kehadiran (attendance award)
Penghargaan akan kehadiran ini, dapat membuka peluang pada siswa/i yang memang belum punya penghargaan di bidang lain. Setiap siswa punya peluang di penghargaan ini. Misalnya penghargaan pada siswa/i yang masuk terus tidak pernah izin, atau penghargaan pada siswa/i yang sering hadir paling pagi.

Penghargaan Karakter (character awards)
Pemberian penghargaan berdasarkan pada akhlakul karimah (good character and behavior). Hal ini juga dapat digunakan untuk memotivasi agar siswa/i mempunyai kepribadian yang baik. Di antara contoh penghargaan misalnya, siswa yang Banyak Sahabat, Kejujuran, Suka Menghargai, Paling Bertangungjawab, Penegak keadilan, Paling peduli, dll (Most Trustworthy, Best Manners, Most Responsible, Good Citizen, Most Caring).

Penghargaan yang menyenangkan (fun awards)
Penghargaan juga dapat menyenangkan. Penghargaan ini selian itu menciptakan kesenangan juga dapat menjadikan keakraban. Misalnya “murid paling lucu”, atau “murid paling banyak bicara”, dan itu tak masalah selama mereka hanya menganggap sebagai lelucon dan dapat menerimanya dengan ketidaktulusan yg diberikan, tetapi juga perlu mempertimbangkan perasaan orang tua, seperti mereka yang mungkin tidak berbagi rasa humor.

Jika anda memutuskan untuk memberikan penghargaan yang menyenangkan di akhir tahun, lihatlah kategori berikut untuk menambahkan apapun yang murid anda kelola untuk datang dengan diri mereka sendiri.
· Paling murah senyum
· Teman yang baik pada semua
· Kutu Buku
· Ahli Komputer
· Orang yang pandai bernegosiasi (penengah)
· Paling pemikir
· Paling sering bertanya

Penghargaan itu dapat diberikan berupa sertifikat dan diberikan di akhir tahun ajaran. Selain penghargaan itu, beberapa kata penghargaan juga dapat diberikan saat memberikan feedback atau evalusia proses ataupun hasil pembelajaran, diantaranya:

Wow * Way To Go * Super * You’re Special * * Outstanding * Excellent * Great * * Good * Neat * Well Done * Remarkable * * I Knew You Could Do It * Fantastic * * I’m Proud Of You * Super Star * Nice Work * * Looking Good * You’re On Top Of It * * Beautiful * Now You’re Flying * * You’re Catching On * Now You’ve Got It * * You’re Incredible * Bravo * * You’re Fantastic * Hurray For You * * You’re On Target * You’re On Your Way * * How Nice * How Smart * Good Job * * That’s Incredible * Hot Dog * Dynamite * * You’re Beautiful * You’re Unique * * Nothing Can Stop You Now * Good For You * * I Like You * You’re A Winner * * Remarkable Job * Beautiful Work * * Spectacular * * You’re Precious * Great Discovery * * You’ve Discovered The Secret * Bingo * * All Right * You Figured It Out * * Fantastic Job * Magnificent * * Hip Hip Hooray * Marvelous * Terrific * * You’re Important * Phenomenal * * You’re Sensational * Super Work * * Creative Job * Super Job * * Excellent Job * Exceptional Performance * * You’re A Real Trooper * * You Are Responsible * You’re Exciting * * You Learned It Right * * What An Imagination * What A Good Listener * * You’re Fun * You Care * * You’re Growing Up * You Tried Hard * * Beautiful Sharing * * Outstanding Performance * You’re A Good Friend* * I Trust You * You’re Important * * You Mean A Lot To Me * You Make Me Happy * * You Belong * You’ve Got A Friend * * You Make Me Laugh * You Brighten My Day * * I Respect You * You Mean The World To Me * * That’s Correct * You’re A Joy * * You’re A Treasure * You’re Wonderful * * You’re Awesome * A+ Job * * You’re A-ok * My Buddy * You Make My Day ** That’s The Best *

 

sumber

 

Related Post

 

Tags: