Mitra Ummah melangsungkan perayaan milad ke-16 di gedung Student Center, hari Minggu (6/3) kemarin. Perayaan tersebut merupakan akhir rangkaian kegiatan dari hari sebelumnya yaitu bakti sosial ke Panti Bina Siwi Bantul.

Acara dikemas dengan penampilan dari beberapa LKM seperti JQH Al Mizan, Sanggar Oleng dari PMI, Sahabat Inklusi dari PLD, BOM F Seni Budaya FDK, dan IKAMARU. Selanjutnya, talkshow menghadirkan Ketua, para mantan Ketua, serta Pembina, A. Said Hasan Basri, S.Psi, M.Si.

Enam belas tahun silam, tahun 2000, organisasi ini lahir sebagai media mahasiswa untuk merefleksikan teoritis di kelas menjadi praktis di realitas. Sebagaimana bunyi motto-nya “wahana aktualisasi berbagi solusi”. Dicetuskan pertama kali oleh mbakTutut (alumni BKI) pada 2000 silam, tongkat estafet kepemimpinan berganti sampai tahun 2011 melalui mas Fahmi Husein, mas Alfan Rais, dan sekarang mas Karim Ramdani.

Said Hasan Basri mengungkapkan dalam rilisnya, melalui acara ini, setidaknya, Mitra Ummah telah menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu LKM di bawah BOM Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga.

“Semoga di usianya yang ke 16 ini semakin jaya, mampu berkiprah bagi kemaslahatan masyarakat di lingkungan kampus UIN Suka khususnya dan masyarakat luas pada umumnya; dan menjadi media bereksplorasi mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi dari lima Prodi: KPI, BKI, MD, PMI, dan IKS,” tulis Said, pembina Mitra Ummah sekaligus Ketua Prodi BKI saat ini.