wisuda sarjana periode 2 uin sunan kalijaga yogyakarta t a 2015/2016

Rektor dan Wakil Rektor Bidang Akademik berfoto bersama peserta wisuda terbaik dan tercepat, di gedung serbaguna UIN Suka, 27 Februari 2016

Sabtu (27/2) pekan kemarin, UIN Sunan Kalijaga mewisuda 526 sarjana periode II Tahun Akademik 2015/2016 di di Gedung Serbaguna UIN Suka. Ratusan wisudawan maupun wisudawati tersebut diantaranya 1 orang lulus D3, 473 orang lulus S-1, 41 orang lulus S2 dan 11 orang lulus S-3.

Untuk Fakultas Dakwah dan Komunikasi, 22 orang berasal dari program studi BKI, 20 prodi KPI, 14 prodi MD, 9 prodi PMI, dan 15 dari prodi IKS. Sehingga total 80 wisudawan wisudawati FDK yang mengikuti wisuda periode ini. Selengkapnya bisa dilihat di halaman alumni.uin-suka.ac.id/pesertawisuda.

Dalam pada itu, Nani Kurniasih, mahasiswi BKI berhasil meraih IPK 3,70 dalam masa studi 3 tahun 3 bulan 21 hari. Dengan pencapaian ini, Nani merupakan salah satu wisudawati yang lulus dengan predikat terbaik dan tercepat pada wisuda periode II tahun akademik 2015/2016.

Pgs. Rektor UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. H. Machasin, M.A. yang berkesempatan memberi sambutan, menyampaikan mengenai masyarakat ekonomi ASEAN, pentingnya penguasaan bahasa asing, teknologi informasi, kemampuan komunikasi, dan kemampuan kewirausahaan.

Untuk bekal para alumni, kata Machasin, UIN Sunan Kalijaga telah mengantisipasi tantangan tersebut melalui dua kebijakan. Pertama, UIN Sunan Kalijaga mengadakan program pendidikan dan pelatihan bahasa Inggris dan bahasa Arab secara terpadu selama dua semester di Pusat Bahasa. Kedua, UIN Sunan Kalijaga mengadakan program pendidikan dan pelatihan komputer.

“Semua mahasiswa yang akan ujian munaqasyah, terlebih dulu harus lulus tes TOEC (Test of English Competence),tes IKLA(Ikhtibar Kafa’ah al-Luqhat al-Arabiyah), dan ujian ICT (information, communication, technology) dengan skor minimal yang telah ditetapkan,” tutur Machasin.

Sementara itu, Kepala Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerjasama, Drs. H. Maskul Haji, M.Pd.I mewanti-wanti para calon alumni untuk tetap menjalin komunikasi dengan almamater melalui organisasi Ikatan Alumni UIN Sunan Kalijaga.

“Manfaatkanlah IKASUKA sebagai wadah untuk melakukan sharing berbagai persoalan dan pengalaman, baik suka maupun duka, yang Saudara hadapi di tengah masyarakat. Kami akan senantiasa membuka diri dan sedapat mungkin membantu berbagai kesulitan yang dihadapi, ” kata Maskul Haji. (uin-suka.ac.id)