Jakarta 31/05/2016 Kemenkeu – Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta melakukan Kunjungan Studi ke Kantor Pusat Kementerian Keuangan pada Senin (30/05). Tema yang diangkat dalam kegiatan kunjungan studi hari ini adalah “Pengembangan Sumberdaya Manusia dalam rangka Pengelolaan Keuangan Syariah di Indonesia”.

Rombongan berjumlah 80 orang yang terdiri atas 75 mahasiswa dan 5 dosen pembimbing ini diterima oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Sekretariat Jenderal Ahmady Muhajiri di Ruang Rapat Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan, Gedung Juanda II Lantai 12.

Dalam sambutan Kepala KLI yang dibacakan oleh Ahmady, Kementerian Keuangan merupakan salah satu unit Kementerian yang sangat besar yang ada di Indonesia. “Kementerian Keuangan terdiri dari 11 unit instansi eselon I yang mempunyai tugas dan fungsi masing-masing, mulai unit yang bertugas mengkolektif penerimaan negara, sampai unit yang berfungsi sebagai regulator kebijakan yang terkait pengelolaan keuangan negara,” jelasnya.

Tidak lupa, ia juga mengajak mahasiswa untuk mem-follow akun media sosial Kementerian Keuangan yaitu facebook, twitter, instagram, dan youtube, untuk memperoleh informasi mengenai Kementerian Keuangan secara cepat.

Pada kesempatan ini, bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Subbidang Kebijakan Asuransi, Dana Pensiun dan Penjaminan Syariah Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Berry Sugarman. “Sistem Keuangan Syariah terus mengalami peningkatan sejak tahun 2010, oleh karena itu dukungan pemerintah sangat diperlukan dalam hal ini. Terhitung sejak tahun 2008 ada 8 (delapan) bentuk regulasi yang terkait dengan pengelolaan keuangan syariah di Indonesia yang telah diterbitkan oleh pemerintah,” jelasnya.

Ia menambahkan, hal-hal yang diperlukan dalam pengembangan keuangan syariah antara lain penyediaan sumber daya manusia yang kompeten; inovasi produk yang didukung oleh pengetahuan dan wawasan mengenai keuangan syariah; regulasi yang kondusif dengan pasar untuk mendukung adanya inovasi produk; peningkatan kualitas pelayanan dan infrastruktur syariah; pelayanan kepada sektor UMKM dan usaha produktif; serta peningkatan pemahaman masyarakat tentang produk lembaga keuangan syariah.

Para peserta dengan antusias menyimak paparan narasumber dan aktif berdiskusi dalam sesi tanya jawab. Acara berakhir pada pukul 15.00 WIB ditandai dengan saling tukar cenderamata antara pihak Kementerian Keuangan yang diwakili oleh Kepala Subbidang Kebijakan Asuransi, Dana Pensiun, dan Penjaminan Syariah Badan Kebijakan Fiskal dengan dosen pendamping Kunjungan Studi Universitas Islam Negeri Yogyakarta Sunan Kalijaga.(moy)

Sumber: Halaman Setjen Kemenkeu