dekanat-fakultas-dakwah-dan-komunikasi-uin-suka-jogja-dalam-kegiatan-tewu-wali-mahasiswa-baru-angkatan-2016

Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr. Alimatul Qibtiyah, Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. H.M. Kholili, dan Dekan Dr. Nurjannah saat menyampaikan pesan-pesan kepada wali mahasiswa baru angkatan 2016 Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jumat (2/9).

Jumat siang (2/9), orang tua/wali mahasiswa baru Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) angkatan 2016 memenuhi ruang teatrikal FDK dalam acara temu wali mahasiswa baru tahun akademik 2016/2017.

Ibu Nurjannah, selaku Dekan memberikan sambutan secara langsung, menyampaikan ucapan selamat, dan memantapkan hati atas langkah yang telah dipilih putra-putri tercinta.

Sedangkan sambutan dari wakil orang tua/wali disampaikan oleh K.H. Nurjamil Dimyati, orang tua dari salah satu mahasiswa prodi Manajemen Dakwah. Beliau mewanti-wanti bahwa saat ini banyak kejadian yang memprihatinkan terutama dalam bidang pendidikan.

“Murid menganiaya guru; saat guru melaksanakan penertiban ke murid, malah ketakutan,” tuturnya.

Melihat biaya yang ada di UIN Sunan Kalijaga saat ini, menurut Nurjamil, fasilitas yang didapat sudah sewajarnya. “Kami husdudzan, kami tidak akan berbuat seperti itu,” sambungnya.

Nurjamil mengharapkan terjaganya akhlak, ilmu yang bermanfaat, dan bagaimana proses belajar berjalan dengan nyaman.

Sesi selanjutnya, perwakilan dari setiap program studi (prodi) menyampaikan pengalamannya dalam membimbing dan berkomunikasi dengan mahasiswa dalam rangka kelancaran studi, dipandu oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan Dr. Abdur Rozaki. Disampaikan pula perihal akademik, sistem informasi akademik, pola pembelajaran, hambatan, administrasi, dan profesi setelah lulus.

Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam diwakili oleh Dr. Khadiq; Manajemen Dakwah oleh Moh. Nazili; Ilmu Kesejahteraan Sosial oleh Abidah Muflihati; Pengembangan Masyarakat Islam oleh Dr. Pajar Hatma Indra Jaya; dan Bimbingan dan Konseling Islam oleh A. Said Hasan Basri.

Abidah Muflihati menyampaikan pentingnya peran orang tua/wali ikut serta mengawai putra putrinya.

“Pacaran anak sekarang kan ngeri-ngeri. Mohon bapak/ibu bisa membantu membimbing; Kita kadang mengkonseling mahasiswa; jika ada musibah atau apa sebaiknya terbuka, sehingga kami bisa membantu,” tutur Abidah.

Pajar Hatma juga menekankan fungsi kontrol orang tua/wali terhadap anak-anaknya. “Setiap enam bulan sekali, silahkan lihat hasil studinya, kalau di atas 3 aman; kalau di bawah 3, mohon dimotivasi,” kata Ketua Prodi PMI ini.

Khadiq dan Moh. Nazili menerangkan mengenai tipe-tipe mahasiswa dalam menjalani studi.

“Ada yang ingin lulus cepat, pas-pasan, dan lama. Ada yang prestasinya bagus, ikut event kemana-mana, namun studinya tidak terlalu bagus,” kata Khadiq.

“Kalau di prodi Manajemen Dakwah, empat tahun belum lulus, pertanyaannya: kamu kerja dimana? karena ternyata biasanya anak-anak MD itu ada dimana-mana…,” kata Moh. Nazili berkelakar.

Said Hasan Basri menerangkan mengenai penggunaan sistem informasi akademik di UIN Sunan Kalijaga.

“Secara umum SIA ada data mahasiswa. Semua online. Silahkan Bapak/Ibu minta NIM dan PINnya. Setiap akhir semester, tak lebih dari satu minggu dosen sudah menginput nilai, bapak/ibu bisa ikut melihat. membantu monitoring, silahkan minta nomor HP kaprodi atau pembimbing akademik,” terang Said.

Selain itu, menurut Said, mahasiswa saat ini juga dituntut untuk aktif mengikuti kegiatan-kegiatan.

“Nanti, data pribadi setiap ada perubahan diupdate, sertifikat kegiatan dikumpulkan untuk SKPI (surat keterangan pendamping ijazah). Nah, perusahaan akan melihat track record mahasiswa berdasar SKPI ini mengenai aktifitas apa saja yang diikuti,” tambah Said.

Setelah penyampaian materi dari prodi ini, dibuka pertanyaan dari orang tua/wali mahasiswa. Satu diantaranya menyampaikan dalam proses belajar mengajar seyogyanya selalu diiringi dengan membaca Al Qur’an.

Ada pula usulan untuk kampus agar menyediakan pondok pesantren ataupun bekerjasama dengan pesantren sehingga proses studi itu lebih komprehensif dan terintegrasi.

Sesi terakhir adalah penyampaian informasi administrasi oleh Dr. Alimatul Qibtiyah, wakil dekan bidang administrasi umum. Selanjutnya, dipersilahkan kepada bapak/ibu orang tua/wali untuk mengkonfirmasi UKT yang telah ditetapkan.