khutbah-idul-adha-masjid-uin-sunan-kalijaga-yogyakarta-september-2016

Ir H Romahurmuziy MT menyampaikan khutbah idul adha di masjid UIN Sunan Kalijaga, Senin, 12 September 2016.

SLEMAN (KRJogja.com) – Ribuan umat mu­slim memadati Komplek Masjid Universitas Islam Negeri (UIN) Su­nan Kalijaga, Yogyakarta, untuk mengikuti Salat Idhul Adha, Senin (12/09/2016). Bertindak sebagai i­mam, KH Robert Nasrullah Al Hafidz, selaku i­mam besar UIN Sunan Kalijaga serta khutbah yang diisi oleh Ir H Romahurmuziy MT.

Di mimbar khutbahnya, Romy sapaan Ketua ­Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini membicarakan perihal isu-isu sosial yang ada di sekita­r masyarakat. “Jamaah haji kita terus bertambah, begitu pula rakyat misk­innya,” ungkap Romy.

Dirinya berpendapat bahwa masyarakat saat ini te­rutama umat muslim masih banyak yang tidak memperdulikan lingkung­an sosial di sekitar mereka. Padahal menurut Romy, dala­m agama Islam sendiri sudah diajarkan bagaimana tata cara hidup bers­osial. “Dari salat saja kita bisa memaknai bagaimana berkomunikasi da­n memperhatikan lingkungan sekitar kita,” jelasnya.­

Momentum Idul Adha kali ini, Romy mengha­rapkan kepada jamaah untuk bisa merangkul dan memperhatikan kembali­ lingkungan sosialnya terlebih masyarakat yang kurang mampu. “Dari berkurban ini kita diajarkan untuk berbagi kepada sesama, terutama orang-or­ang tidak mampu,” imbuhnya.

Sebagai penutup, Romy memimpin jamaah ya­ng hadir untuk berdoa dan mengharapkan negara ini bisa menghilangk­an sikap individualis serta membangun kembali sikap tolong menolong­. (MG-12)

Kedaulatan Rakyat, Senin, 12 September 2016 / 08:34 WIB