Rektor Prof. Yudian Wahyudi dan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Sustrisno berpose bersama lulusan terbaik dan tercepat periode Agustus 2016

Rektor Prof. Yudian Wahyudi dan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Sutrisno berpose bersama lulusan terbaik dan tercepat periode Agustus 2016.

Rabu (31/8) dan Kamis (1/9) kemarin, UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan wisuda periode Agustus 2016. Sebanyak 1.342 peserta mengikuti upacara wisuda, yang terdiri atas: 27 orang dari jenjang D3, 1020  S1, 280 S2, dan 15 orang jenjang S3.

Lulusan dari Fakultas Dakwah dan Komunikasi sejumlah 176 orang, terdiri atas: prodi KPI 30 orang, BKI 48 orang, PMI 19 orang, MD 44 orang, dan IKS 35 orang.

Rektor Prof. Dr. Yudian Wahyudi, MA. menyampaikan, lulusan dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sepatutnya tidak memiliki pandangan keagamaan yang miopik, melainkan sebaliknya, luas dan komprehensif.

“Alumni mampu mengembangkan pemahaman keagamaan berbasis kultur lokal dengan instrumen-instrumen budaya setempat, seperti yang dilakukan Sunan Kalijaga tempo dulu,” kata Rektor.

Lulusan UIN Sunan Kalijaga, kata Rektor, mesti senantiasa menjaga integritas moral dan akhlaqul karimah di mana pun berada. “Apapun pilihan yang Saudara ambil dan apapun profesi yang Saudara tekuni, semuanya adalah mulia, sejauh ia berguna bagi sesama, karena pada dasarnya sebaik-baik manusia adalah yang paling berguna bagi sesamanya, Khairunnas anfa’uhum linnas,” terang Rektor.

Wisudawan peraih prestasi terbaik dalam periode ini adalah: Septiana Intan Wulandari jurusan Ilmu Perpustakaan IPK 3,80; Sarjoko jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (3,81); Imalatun Ni’mah IPK jurusan Biologi (3,81); Putri Megawati jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (3,89); Yusuffia Nur Azizah Istiqomah jurusan Perbankan Syariah (3,93); Syarif Bahaudin Mudore jurusan Bahasa dan Sastra Arab(3,76); M. Kholil Fauzi jurusan Ilmu Komunikasi (3,76); Ledy Famulia jurusan Muamalah (3,86); Muhammad Itsbatul Haq jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (3,90); dan Nazzatul Farhanah jurusan Interdisciplinary Islamic Studies (3,84).

Selain itu, UIN Sunan Kalijaga juga mewisuda enam mahasiswa asing dari Thailand, diantaranya: Ms Yunainah Pathan jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Ms Yarodah Pathan jurusan Pendidikan Agama Islam, Ms Tanita Maknap jurusan Perbandingan Mazhab Hukum, Ms Sainap Mama jurusan Jinasah Siyasah, Mr Ilham Neureng jurusan Jinasah Siyasah, dan Abdullah Pacu Sama jurusan Manajemen Dakwah.

Sampai dengan wisuda periode ini, jumlah lulusan UIN Sunan Kalijaga adalah 51.873 orang, 508 orang di antaranya bergelar Doktor, dan 4.017 bergelar Magister.