nisa-nur-maulani-juara-mobile-video-competition-ugm-2016

Nisa Nur Maulani mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam berhasil meraih juara pertama dalam Kompetisi Video Mobile Journalism Emtek Goes To Campus 2016 yang diselenggarakan SCTV dan Indosiar di Graha Sabha Pramana UGM, Minggu (4/10).

Kompetisi Video Mobile Journalism tersebut diikuti oleh 35 peserta dari SMA/SMK dan mahasiswa di Yogyakarta. Dengan ketentuan video durasi maksimal 2,5 menit dan bertema hal-hal unik yang ada di sekolah, kampus atau kota. Uniknya, video yang dikirimkan hanya boleh diambil dan diedit menggunakan kamera dan aplikasi handphone, serta tidak menggunakan narasi.

Nisa, sapaan akrabnya sehari-hari tidak melewatkan kesempatan ini dan berhasil menyisihkan peserta mahasiswa dari kampus ternama di Yogyakarta. Nisa mengirim empat video dalam kompetisi tersebut.

“Video pertama memuat keunikan Masjid UIN Sunan Kalijaga yang ramah difabel, kedua memuat keunikan Grha Sabha Pramana UGM yang menjadi tempat olah raga saat weekend tiba. Selanjutnya video ketiga bertema demo hari Sumpah Pemuda. Dan video yang keempat menceritakan kisah Pak Suwandi, difabel tunadaksa yang memiliki usaha kerajinan kulit ikan pari,” kata Nisa.

Dari karya tersebut video kisah Bapak Suwandi terpilih menjadi juara. Diceritakan dalam video itu seorang tunadaksa yang tidak pantang menyerah dalam melakukan usaha dan bekerja. Bapak Suwandi mempunyai usaha kerajinan kulit ikan pari untuk memproduksi tas, dompet, ikan pinggang, dan lain-lain.

Mahasiswi asal Boyolali ini tidak mengira kalau karyanya mendapat apresiasi dewan juri Emtek Goes To Campus 2016, saat namanya disebutkan sebagai pemenang lomba. Ternyata keberhasilan Nisa tidak datang begitu saja. Hal ini karena Nisa kerap mengirim video ke televisi sebagai citizen journalism. Capaian tersebut dibayar dengan dirinya ditetapkan sebagai pemenang dan berhak mendapat uang tunai senilai Rp. 2.500.000,-

Nisa berharap teman-teman UIN harus terus berkarya, tidak perlu minder dengan mahasiswa-mahasiswa dari kampus lain. “Harus terus berprestasi dalam hal akademik maupun non akademik,” tuturnya. (Mul,Am-ch/humas)