alimatul-qibtiyah-saat-memberi-pengarahan-calon-wisuda-fakultas-dakwah-dan-komunikasi-uin-sunan-kalijaga-yogyakarta-21-november-2016

Dr Alimatul Qibtiyah, saat memberi pengarahan kepada calon wisudawan periode 1 2016/2017, Senin 21 November 2016, Teatrikal FDK UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Profil lulusan UIN Sunan Kalijaga itu bukan ekslusif, bukan takfiri, bukan melihat jilbab kemudian menilai seperempat iman, setengah iman, atau full iman.

Demikian yang disampaikan Dr Alimatul Qibtiyah, wakil dekan FDK bidang administrasi umum, perencanaan dan keuangan, saat memberi pengarahan kepada calon wisudawan periode 1 2016/2017, pagi tadi (21/11).

“Profil lulusan UIN Suka itu Islam progresif (kontekstual), bukan tekstual,” kata Alimatul.

Islam progresif itu terlihat dari cara berfikirnya memaknai teks yang mengedepankan pemahaman atas konteks (waktu, tempat, dan kejadian), serta menggunakan berbagai macam perspektif disiplin keilmuan.

Kalau moderat kadang kontekstual, kadang tekstual. “Kami mengharapkan progresif, kalau tidak, setidaknya moderat,” kata Alimatul.

Dengan pemahaman ini, yang qoth’i itu adalah tujuannya, sementara metode bisa saja beda. Mereka juga akan lebih menekankan substansi, bukan simbol semata.

Alimatul juga memberikan motivasi mengenai bagaimana menjalani hidup meraih cita. “Saya berawal dari baby sitter ke Amerika, itu pun tidak jadi berangkat, namun akhirnya bisa sampai Amerika sebagai fullbrighter,” katanya menceritakan masa lalunya.

Selain itu, lanjut Alim, bagaimana cara memanfaatkan atau mengelola kemarahan menjadi energi positif untuk meraih yang dicitakan.

Menyinggung bagaimana memperoleh beasiswa, Alimatul yang juga penguji LPDP ini menyebut beberapa poin: update info dan mulai mendaftar, persiapan TOEFL setidaknya skor 500, menemukan passion (yang benar-benar ingin digeluti), banyak membaca, menulis, diskusi, mendatangi pakar, rajin seminar di bidang yang diminati.

“Persaingan LPDP saat ini satu angkatan 30 ribu pelamar, diterima 1500. Wawancara 2 kali tidak lolos, langsung blacklist,” ungkapnya.