Fakultas Dakwah dan Komunikasi mengadakan acara Pisah Sambut dan Persiapan Kuliah, Rabu (8/2) kemarin, bertempat di ruang Teatrikal FDK.

Acara tersebut diadakan untuk menyambut pejabat-pejabat FDK yang baru, serta memberi ucapan selamat datang kepada dosen tetap non PNS FDK yang beberapa hari lalu sudah diumumkan kelulusannya. Selain itu, disertai pula pengumuman/sosialisasi mengenai persiapan kuliah untuk semester mendatang.

Tercatat dalam beberapa waktu terakhir, telah terjadi pergantian pejabat di FDK, seperti: posisi Kabag TU (Dr. Zamakhsari digantikan Abdul Haris Mahmudi, M.A.), Kasubbag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni (Drs. Ahmad Saptana, M.Pd. pindah dari FDK),  Kasubbag Perencanaan, Akuntasi dan Keuangan (Dra. Widarsih diganti oleh Dra. Oky Prastiwi Puspitasari), Kasubbag Administrasi Umum baru, Drs Paryadi.

Mengenai kepindahan para Kasubbag, Dekan FDK, Dr. Nurjannah, mengatakan bahwa karena waktu yang sudah lama bertugas di FDK, terhitung sudah lebih dari 5 tahun, maka tidak boleh menduduki di posisi yang sama.

“Kami sungguh berat sebetulnya, untuk ditinggalkan (Bu Wid dan Pak Saptana, red),” kata Nurjannah.

Setelahnya, sesi perkenalan dosen baru FDK. Pekan lalu, UIN Sunan Kalijaga telah mengeluarkan hasil kelulusan dosen tetap non PNS untuk FDK. Terhitung 7 dosen yang akan bergabung, yaitu:

  1. Widowati Maisarah, SIP., M.A.
  2. Zaen Musyrifin, S.Sos.I, M.Pd.I.
  3. Moh. Khoerul Anwar, S.Pd., M.Pd.
  4. Munif Solihan, S.Sos.I., MPA.
  5. Bayu Mitra Adhiyatma Kusuma, SAP., MAP, M.Pol.Sc.
  6. Ahmad Izudin, S.Sos.I., M.Si.
  7. Arin Mamlakah Kamalika, S.Sos., M.A.

Dalam bidang akademik, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. H.M. Kholili, menjelaskan saat ini ada beberapa perubahan dalam berkas-berkas persiapan mengajar, seperti SAP menjadi RPS, dokumen capaian pembelajaran, dan kontrak belajar.

Kholili juga mengungkapkan mengenai agenda FDK ke depan, yaitu RDK yang akan diadakan bulan Maret mendatang. Rencananya, akan dibahas tentang KKNI, visi-misi Fakultas Prodi, Profil Fakultas Prodi, Capaian pembelajaran, mata kuliah, dan RPS. Disinggung pula tentang BKD profesi dan BKD remunerasi.

Alimatul Qibtiyah, Ph.D., selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi  Umum,  Perencanaan,  dan Keuangan memaparkan rencana kerja dalam lingkup bidang II, yaitu:

  1. Koordinasi dan peningkatan SDM, dalam 3 bulan akan dipilih 1 karyawan terbaik. Dinilai dari kreatifitas, pelaksanaan tugas, dan faktor lainnya. Dosen dipilih dilihat BKD dan IKDnya.
  2. Keuangan dan laporan, akan dilakukan serba online, pemakaian email untuk koordinasi berkas.
  3. Sarana dan prasarana, musholla di lantai 3 barat dan timur.
  4. Dokumentasi, akan diadakan satu komputer untuk ditaruh dokumen-dokumen penting.
  5. Smart Computer, pak Kabag dan Rizal akan menyiapkan sistem untuk penyelesaian dokumen-dokumen mahasiswa, sehingga tidak perlu ke jurusan-jurusan.

Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdur Rozaki, menyayangkan sedikitnya dosen yang datang di acara ini. “Mungkin harus dikasih doorprize, daster misalnya,” kata Rozaki dengan gaya standup comedy.

Dalam sesi pertanyaan, salah satu dosen prodi PMI, Fajrul Munawir mengungkapkan kegundahan hatinya. “Kita ngrasani di WA, nggibah sana-sini, tanpa ada solusinya.” Selain itu, Fajrul mengharap dosen turut mensosialisasikan kepada mahasiswa mengenai rekrutmen PIONIR, yaitu kegiatan lomba riset, seni, dan olahraga.