Temu Orangtua/ Wali Mahasiswa Baru FDK Tahun 2019

Temu orangtua/wali mahasiswa baru merupakan bagian dari rangkaian kegiatan menyambut mahasiswa baru. Kegiatan ini bertujuan untuk menjelaskan kepada orangtua/wali mahasiswa baru tentang sistem perkuliahan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK), Dr. Hj. Nurjannah, M.Si. menyampaikan ucapan terima kasih kepada orangtua/wali yang sudah mengantarkan putra/putrinya kuliah di FDK. Dekan juga menyampaikan bahwa hanya sekitar 3% dari total pendaftar yang diterima di FDK. Artinya seleksi untuk bisa masuk ke FDK lebih ketat lagi saat ini, sehingga patut bersyukur bisa keterima di FDK.

Namun Wakil Dekan I Bidang Akademik, Dr. HM. Kholili, M.Si. mengharapkan kerjasama dari orantua/wali untuk memantau proses studi putra/putrinya. Misalnya saja untuk selalu mengecek kartu hasil studi (KHS) pada setiap semester, atau memantau studi anaknya melalui sistem akademik online yang sudah disediakan oleh PTIPD (Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) UIN Sunan Kalijaga.

Sedangkan Wakil Dekan II Bidang ADUM, Perencanaan Dan Keuangan menyampaikan bahwa orangtua/wali boleh mengajukan banding UKT jika mahasiswa tersebut tinggal di masjid karena tidak sanggup membayar kos, dan memang ada kondisi yang benar-benar menggaggu ekonomi keluarga mahasiswa tersebut. Namun jika kondisi ekonomi keluarganya tidak sesuai dengan kenyataan saat survey, maka risikonya mahasiswa tersebut akan dikeluarkan dari UIN Sunan Kalijaga.

Terakhir, ketua Program Studi BKI, A. Said Hasan Basri, M.Psi. berpesan agar orangtua/wali juga memantau lingkungan sekitar kos putra/putrinya. Yang penting itu lingkungan sekitar kos yang baik, bukan fasilitas kosnya yang baik, agar mahasiswa betah beraktifitas di kampus, dan jangan sampai mahasiswa terpapar faham keagamaan yang menyesatkan seperti radikalisme dan terorisme. (Euis)