Pengabdian Masyarakat Di Kebumen, Mahasiswa FDK UIN Suka Ikut Semarakkan Idul Adha

Mahasiswa Dakwah dan Komunikasi yang tergabung dalam Tim KKN Mandiri 108 UIN Sunan Kalijaga ikut memeriahkan rangkaian peringatan Hari Raya Idul Adha bersama masyarakat Desa Kebonsari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen, Sabtu-Minggu (9-10/7).

Dira Fridayanti Mahasiswi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi menjelaskan rangkaian Perayaan Hari Raya ini diawali dengan takbir keliling yang dilaksanakan pada Sabtu malam dimulai pada pukul 19.30 – 20.30 WIB. Takbir keliling merupakan tradisi masyarakat Indonesia menyambut Hari Besar Islam seperti Idul Adha dan Idul Fitri.

Dira menambahkan takbir keliling diikuti santri-santri Musala Al-Ittikhadiyah Desa Kebonsari. Dalam kegiatan ini santri-santri membawa oncor atau obor serta mengumandangkan takbir selama perjalanan. “Kegiatan berlangsung kurang lebih 1 jam. Gema takbir keliling pun berhasil digelar dengan sukses. Masyarakat Desa Kebonsari tampak antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut sampai akhir kegiatan” ungkap Dira salah satu anggota TIM KKN Mandiri 108 bagian Humas.

“Minggu pagi, mulai pukul 06.30 WIB tim KKN Mandiri 108 UIN Sunan Kalijaga bersama masyarakat Desa Kebonsari melaksanakan sholat Idul Adha di Musala Al–Ittikhadiyah yaitu musala yang paling dekat dengan posko KKN. Setelah pelaksanaan shalat, ada kegiatan penerbangan balon udara danpenyembelihan hewan kurban” kata Dira.

Penerbangan balon di lakukan pemuda Desa Kebonsari. Kemudian untuk penyembelihan hewan kurban ada beberapa titik. Mahasiswa KKN Mandiri 108 UIN Sunan Kalijaga diminta bantuan menjadi bagian dari panitia kurban di Dukuh Kebonan RT 06 bersama dengan masyarakat setempat. Penyembelihan dilakukan di depan musala Al–Ittikhadiyah Dukuh Kebonan RT 06 Desa Kebonsari, sebanyak 2 kambing dan 1 sapi dikurbankan. Mahasiswa KKN mengikuti seluruh prosesesinya, dari penyembelihan hingga pembagian hasil kurban.

Masyarakat Dukuh Kebonan RT 06 khususnya para pemuda terlihat begitu antusias dalam mengikuti perayaan Idul Adha tahun ini. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya para pemuda yang ikut serta mempersiapkan perayaan Idul Adha, mulai dari persiapan malam takbiran sampai penyembelihan hewan kurban. Masyarakat Dukuh Kebonan RT 06 pun ramai memenuhi musala Al Ittikhadiyah pada saat pelaksanaan Salat Idul Adha.

“Adanya kegiatan ini sebagai sarana untuk mempererat tali silaturahmi tim KKN Mandiri 108 UIN Sunan Kalijaga dengan masyarakat Desa Kebonsari sekaligus sebagai pengenalan awal anggota tim KKN Mandiri 108 UIN Sunan Kalijaga,” ujar Ketua KKN Mandiri 108 UIN Sunan Kalijaga, Achmat Chandra Sihkin.

Achmat Chandra Sihkin mengungkapkan melihat antusias masyarakat serta kehangatan yang diberikan saat menyambut tim KKN Mandiri 108 Kebonsari, membuat mahasiswa KKN turut merasakan kebahagiaan dan kekeluargaan di tempat yang baru yaitu di Desa Kebonsari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen.

DPL KKN Mandiri 108 UIN Suka, Dra Hj Evi Septiani TH, M.Si, menyampaikan ada tiga hal penting yang harus diperhatikan setelah mahasiswa ke lapangan. Pertama, potensi Desa kebonsari agar dipetakan dengan baik dan bisa menjadi kekuatan membuat program kerja. Kedua, masalah yang bukan berarti jelek tapi segala sesuatu yang belum tersentuh yang bisa diangkat dan dicarikan solusi.

“Ketiga, kebutuhan. Setiap daerah tentu kebutuhannya berbeda. Saya berharap mahasiswa selalu konsultasi dengan Bapak Kades & perangkat desa, kadus tentang potensi Kebonsari kira-kira yang dibutuhkan paling mendesak apa. Dari sini mahasiswa bisa membuat rencana proker,” jelas Evi yang juga dosen Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

Berikut nama mahasiswa Fakultas Dakwah dan Komunikasi anggota Tim KKN Mandiri 108 UIN Sunan Kalijaga di Desa Kebonsari, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen Alfinatun Tsani Oktavianti dari prodi Manajemen Dakwah dan tiga mahasiswa Prodi Pengembangan Masyarakat Islam yakni Dira Fridayanti, Muhammad Rouf, Umi Markhumah. (Ev-Khabib)