Overview
Talkshow bersama Ketua, mantan Ketua, serta Pembina Mitra Ummah dalam rangkaian acara Milad ke-16 Mitra Ummah, gedung Student Center UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Minggu, 6 Maret 2016.

Talkshow bersama Ketua, mantan Ketua, serta Pembina Mitra Ummah dalam rangkaian acara Milad ke-16 Mitra Ummah –salah satu lembaga kegiatan mahasiswa BKI–, gedung Student Center UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Minggu, 6 Maret 2016.

Program studi BKI (Bimbingan dan Konseling Islam) merupakan salah satu program studi di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang telah bertransformasi dari Jurusan BPI (Bimbingan dan Penyuluhan Islam) sejak dikeluarkannya Peraturan Menteri Agama RI No. 30 Tahun 2009. Transformasi tersebut merupakan jawaban program studi BKI terhadap harapan dan kebutuhan masyarakat akan program studi yang tidak hanya menghasilkan Konselor Masyarakat, tetapi juga menghasilkan guru BK yang berfungsi sebagai konselor di sekolah. Sehingga dengan transformasi tersebut program studi BKI memiliki dua konsentrasi penjurusan, yakni BKI Masyarakat dan BKI Pendidikan (Sekolah).

Saat ini program studi BKI telah memantapkan dirinya, sekaligus siap merespon berbagai tantangan global yang berkembang dewasa ini melalui Bimbingan dan Konseling Islam yang memadukan pendekatan psikologi kontemporer dengan agama Islam (integrasi-interkoneksi). Sehingga dapat menjadi program studi yang mampu memberikan solusi bagi permasalahan-permasalahan psikologis, serta dapat menjadi media yang tepat bagi pengembangan individu, kelompok (komunitas) dan masyarakat luas untuk mencapai kapasitasnya yang fully functioning (berfungsi secara penuh) sebagai manusia dengan sesamanya serta sebagai makhluk dengan penciptanya.

Program studi BKI sudah terakreditasi BAN-PT Kemendiknas dengan nilai A.

Visi dan Misi
Visi Unggul dan Terkemuka dalam Pengkajian dan Pengembangan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) bagi Kebahagiaan dan Kesejahteraan Umat Manusia
Misi
  • Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran BKI dengan ilmu terkait sebagai proses menyiapkan konselor Islam profesional
  • Mengembangkan penelitian BKI untuk kepentingan akademik dan masyarakat
  • Meningkatkan peran serta dalam upaya membantu menyelesaikan persoalan individu dan keluarga
  • Memperluas kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tri darma Perguruan Tinggi
Tujuan Menghasilkan lulusan yang beriman dan berakhlak mulia, memiliki kemampuan akademik dan profesional dalam bimbingan dan konseling, dapat membangun kerjasama dengan berbagai pihak, serta mampu memberikan layanan terapan bimbingan dan konseling sekaligus membantu penyelesaian masalah individu dan masyarakat
Gelar akademik S.Sos.
Kompetensi

Setelah menyelesaikan studi di program studi Bimbingan dan Konseling Islam ini, para lulusan di kedua konsentrasi, baik untuk Konselor Masyarakat dan Konselor Pendidikan (Sekolah) secara teoritis diharapkan dapat memahami dan menguasai berbagai konsep dan pendekatan Bimbingan dan Konseling Islam, serta memiliki kapasitas intelektual untuk memahami masalah-masalah psikologis individu, kelompok (komunitas) dan masyarakat luas.
Pada level praktis, kompetensi untuk konsentrasi Konselor Masyarakat di program studi BKI diharapkan mampu mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah-masalah psikologi dalam keluarga dan masyarakat, melalui penyelenggaraan bimbingan dan konseling islam, pemberian motivasi dan pelatihan, serta tindakan mediasi dan advokasi.

Adapun untuk konsentrasi Konselor Pendidikan (Sekolah), pada ranah praktis, lulusannya juga diharapkan dapat mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah-masalah psikologis peserta didik, mampu merencanakan dan melaksanakan dan memberikan layanan bimbingan dan konseling islam sekaligus mengevaluasinya dalam bidang pribadi, sosial, belajar, karir, dan agama. Sehingga dapat  menunjukkan kinerja akademik dan atau profesional dalam bidang bimbingan dan konseling islam di sekolah, perguruan tinggi dan masyarakat luas.

PROFESI KOMPETENSI UTAMA KOMPETENSI PENDUKUNG
Konselor Masyarakat
  • Mampu mengidentifikasi masalah masyarakat
  • Mampu menyelenggarakan BKI untuk masyarakat
  • Mampu menyelesaikan masalah masyarakat
  • Menguasai berbagai pendekatan konseling
  • Mampu  memberikan motivasi & pelatihan
  • Mampu melakukan mediasi dan  advokasi
  • Memahami keragaman individu dan Masyarakat
  • Menguasai  manajemen BKI Mayarakat
  • Menguasai perkembangan individu
  • Mampu memanfaatkan berbagai media BKI
  • Menguasai manajemen pelatihan dan  teknik-teknik motivasi
  • Menguasai prinsip-prinsip komunikasi antar pribadi
Konselor Pendidikan
  • Menguasai teori-teori pendidikan
  • Mampu mengidentifikasi & menyelesaikan masalah peserta didik
  • Mampu memberikan  layanan BKI di lembaga pendidikan
  • Menguasai berbagai pendekatan konseling
  • Mampu merencanakan dan melaksanakan evaluasi BKI Memiliki kemampuan membimbing bidang pribadi, sosial, karir, belajar dan agama
  • Mampu menunjukkan kinerja akademik dan atau profesional dalam bidang bimbingan dan konseling di sekolah, Perguruan Tinggi dan masyarakat luas
  • Memahami perkembangan kepribadian individu
  • Mampu melakukan mediasi
  • Mampu  memberikan motivasi & pelatihan Mampu melakukan mediasi
  • Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bimbingan dan konseling melalui penelitian dan komunikasi keilmuan
Karir

Keahlian berpikir kritis dan analitis serta kemampuan kreatif dan inovatif yang dikembangkan Jurusan BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah terbukti mampu menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian dan profesionalisme dalam bidang Bimbingan dan Konseling Islam. Oleh sebab itu, sebagai lulusan, anda akan memiliki peluang besar untuk mengembangkan karier di berbagai sektor publik baik swasta maupun pemerintah, bahkan anda dapat menjadi entrepreneur sebagai Trainer dan Motivator, serta Konsultan. Adapun bidang-bidang kerja yang dapat anda masuki, antara lain:

  1. Bagi konsentrasi Konselor Masyarakat, peluang profesi sangat luas, mulai dari jadi penyuluh agama, pembimbing/pendamping (advokasi), terapis islam, Dosen dan Peneliti, sampai konsultan, motivator dan lain sebagainya. Adapun lembaga atau instasi yang dapat dimasuki, antara lain: BP4, LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat), Dinas Sosial (Panti-Panti), lembaga-lembaga kesehatan mental seperti LAPAS, Rumah Sakit, Pusat-pusat Rehabilitasi.
  2. Bagi Konsentrasi Konselor Pendidikan (Sekolah), yang lazim disebut guru BK, sejak tahun 2010 Kemenag telah menerima lulusan BKI untuk mengisi formasi guru BK di level Madrashah Ibtidaiyah, Tsanawiyah, dan Aliyah). Tetapi tidak sedikit yang juga menjadi guru BK di sekolah-sekolah di umum di bawah Kemendikbud.
Metode Pembelajaran

Melalui kurikulum Bimbingan dan Konseling Islami, yang memuat ranah kompetensi paedagogi, kepribadian, sosial, dan profesional yang menjunjung tinggi nilai-nilai islami. Implementasinya dalam perkuliahan menggunakan metode Student Centered Learning (SCL), yang dilakukan secara aktraktif oleh para Dosen yang berperan sebagai mediator dan fasilitator, sementara mahasiswa menjadi pusat pembelajaran.

Melalui metode ini, maka perkuliahan sangat fleksibel bisa di ruang kelas, laboratorium, serta langsung di masyarakat. Hal ini akan memungkinkan mahasiswa dapat mengembangkan kompetensinya secara maksimal, karena akan terlibat dalam praktek lapangan di berbagai instansi atau lembaga sesuai dengan konsentrasi penjurusan (baik Konselor Masyarakat atau Konselor Sekolah).

Dosen dan Staf Pengajar

Dosen

  • Dr. Nurjannah, M.Si.
  • Dr. Casmini, M.Si.
  • Dr. Irsyadunnas, M.Ag.
  • Drs. H. Rifa’i, M.A.
  • Drs. Muhammad Hafiun, M.Pd.
  • Drs. Abror Sodik, M.Si.
  • Drs. Abdullah, M.Si.
  • Nailul Falah, S.Ag., M.Si.
  • Slamet, S.Ag., M.Si.
  • Muhsin, S.Ag., M.A.
  • A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si.
  • Zaen Musyrifin, S.Sos.I., M.Pd.I.

Staf Pengajar

  • Siti Thohurotul Ula, M.Pd.I.
  • Dina Setyaningsih, M.Pd.
Daftar Mata Kuliah Kurikulum 2016
Semester Paket 1
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 USK401001 Akhlak dan Tasawuf 2 WAJIB
2 BKI404001 Bahasa Inggris 2 WAJIB
3 USK401004 Fikih dan Usul Fikih 2 WAJIB
4 BKI404002 Ilmu Dakwah 2 WAJIB
5 NAS400003 Kewarganegaraan 2 WAJIB
6 NAS400002 Pancasila 2 WAJIB
7 BKI404003 Pengantar BKI 2 WAJIB
8 BKI405004 Pengantar Psikologi 2 WAJIB
9 USK401008 Tauhid 2 WAJIB
10 USK401002 Al-Qur’an dan Hadis 3 WAJIB
Semester Paket 2
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 USK401003 Bahasa Arab 2 WAJIB
2 NAS400001 Bahasa Indonesia 2 WAJIB
3 USK401005 Filsafat Ilmu 2 WAJIB
4 BKI404006 Fiqih BKI 2 WAJIB
5 USK401006 Pengantar Studi Islam 2 WAJIB
6 BKI405007 Psikologi Agama 2 WAJIB
7 BKI405008 Psikologi Konseling 2 WAJIB
8 BKI404009 Sejarah Dakwah 2 WAJIB
9 USK401007 Sejarah Kebudayaan Islam dan Budaya Lokal 2 WAJIB
10 BKI404010 Teori BKI 2 WAJIB
11 BKI404005 Ayat dan Hadits Dakwah 3 WAJIB
Semester Paket 3
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 BKI406011 Enterpreneurship BKI 2 WAJIB
2 BKI404012 Hadits BKI 2 WAJIB
3 BKI404014 Komunikasi BKI 2 WAJIB
4 BKI406015 Legalitas dan Kebijakan Sosial 2 WAJIB
5 BKI405017 Metodologi Penelitian 2 WAJIB
6 BKI405018 Patologi Sosial 2 WAJIB
7 BKI404019 Psikologi Dakwah 2 WAJIB
8 BKI404021 Tafsir BKI 2 WAJIB
9 BKI406022 Teori Motivasi 2 WAJIB
10 BKI404016 Manajemen BKI 3 WAJIB
11 BKI405020 Psikologi Perkembangan 3 WAJIB
Semester Paket 4
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 BKI404023 Analisis Pengubahan Perilaku 2 WAJIB
2 BKI404025 BKI Anak dan Remaja 2 WAJIB
3 BKI404013 Kode Etik BKI 2 WAJIB
4 BKI404027 Media BKI 2 WAJIB
5 BKI404024 Asesmen BKI 3 WAJIB
6 BKI404026 BKI Keluarga 3 WAJIB
7 BKI404028 Pemahanan Individu Teknik Tes 3 WAJIB
8 BKI404029 Retorika Dakwah 3 WAJIB
9 BKI405030 Statistik 3 WAJIB
Semester Paket 5
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 BKI404032 BKI Berkebutuhan Khusus 2 WAJIB
2 BKI404035 BKI Rehabilitasi 2 WAJIB
3 BKI404031 Bimbingan dan Perawatan Rohani Islam 2 WAJIB
4 BKI404036 Kesehatan Mental 2 WAJIB
5 BKI404037 Konseling Individu 2 WAJIB
6 BKI404038 Konseling Lintas Agama dan Budaya 2 WAJIB
7 BKI404033 BKI Dewasa dan Lansia 3 WAJIB
8 BKI404034 BKI Kelompok 3 WAJIB
9 BKI405039 Metode Penelitian BKI 3 WAJIB
10 BKI404040 Pemahaman Individu Teknk Non Tes 3 WAJIB
Semester Paket 6
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 BKI404042 BKI Krisis 2 WAJIB
2 BKI404045 Konseling Kesehatan 2 WAJIB
3 BKI405049 Seminar BKI 2 WAJIB
4 BKI404044 Evaluasi dan Supervisi BKI 3 WAJIB
5 BKI404047 Mikro Konseling 3 WAJIB
6 BKI404050 Terapi Islam 3 WAJIB
7 BKI414041 BKI Industri dan Organisasi 2 PILIHAN
8 BKI414043 BKI Pribadi Sosial 2 PILIHAN
9 BKI416046 Manajemen Konflik 2 PILIHAN
10 BKI416048 Pengembangan SDM 2 PILIHAN
Semester Paket 7
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 BKI404051 PPL BKI (Praktik Pengalaman Lapangan) 4 WAJIB
Semester Paket 8
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 USK402001 Kuliah Kerja Nyata 4 WAJIB
2 USK403007 Tugas Akhir 6 WAJIB

 

Testimoni

Drs. Kusnanto, M.A.
BP4 Kementerian Agama Provinsi DIY
Jurusan BKI ini sangat potensial bagi pengembangan akademik yang berbasis profesi dan bisa diformulasikan dalam bentuk kerjasama saling menguntungkan bagi Kementerian Agama, seperti program percepatan Desa Binaan Keluarga Sakinah. Adapun peluang kerja yang dapat diakses adalah BK keluarga Sakinah, BK Pranikah, Penyuluhan Agama Islam, BP4, Dinas Khusus, Rohaniawan Islam di Rumah Sakit dan Penyuluh Agama di LAPAS.

Adri Efriadi, S.Sos.I.
Guru BK MAN LAB UIN Sunan Kalijaga
Saya menyelesaikan kuliah di BKI selama 3,5 tahun, selama di BKI saya memperoleh ilmu pengetahuan dan pengalaman menjadi konselor islam yang profesional dan handal. Alhamdulillah saya sekarang menjadi guru BK di MAN LAB UIN Sunan Kaljaga. Saya senang ilmu yang saya peroleh di BKI bermanfaat untuk semua.

Almukarromah, S.Sos.I., M.Pd.
Penyuluh Agama pada Dinas Kementerian Agama Kabupaten Batang Jawa Tengah
Saya kuliah di BKI karena menyukai tantangan, ketika dulu BKI dianggap second class ternyata itu sangat tidak terbukti, banyak bekal yang diperoleh dari perkuliahan, dapat memberdayakan umat dari berbagai titik permasalahan keumatan secara universal. Begitu juga pendidikan formal  yang banyak diburu karena anggaran yang kuat dari pemerintah juga menjadi wilayah yang dapat diakses dengan leluasa oleh output BKI. Penetrasi output BKI ke berbagai sektor pemerintah dan non pemerintah adalah tantangan yang sudah terjawab oleh alumninya. Dalam perjalanan kuliah, saya telah merintis BMT, PAUD, LP2AI percontohan Kemenag RI dan lulus di UPI Bandung. Jurusan BKI telah banyak berhasil memberikan tantangan kepada mahasiswanya untuk serba bisa.

Kholifatut Diniyah, S.Sos.I.
Alumnus BKI, Terapis Autis di Sekolah Autis Fajar Nugraha Yogyakarta
Saya mengawali belajar dengan hati, 5 tahun di BKI saya dibentuk menjadi seorang konselor Islam yang progresif dan kreatif, alhamdulillah sekarang selain menjadi terapis autis di Sekolah Khusus Autistik Fajar Nugraha (Sekolah Autis Pertama Di Indonesia) saya juga dipercaya untuk mengembangkan Autis Center dan ditunjuk sebagai ketua program ASC (Autism Short Course) sebuah program untuk mencetak calon-calon terapis autis, terima kasih BKI, ilmu itu benar-benar saya amalkan untuk kepentingan umat.

Eko Harianto, S.Sos.I., M.Si.
Alumnus BKI, Guru BK SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta
Jurusan BKI memiliki kelebihan dibandingkan dengan jurusan BK pada umumnya. Salah satu kelebihannya terletak pada prespektif spiritual (ke-Islaman) bertujuan untuk membantu individu berubah, berkembang dan berkontribusi positif bagi lingkungan, mengoptimalkan kemampuan hidupnya untuk mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat.

Dr. MM. Sri Hastuti, M.Si.
Dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Gerakan bimbingan dan konseling dengan konsep budaya barat masuk ke Indonesia pada tahun 1960 dipicu oleh kebutuhan pelayanan bimbingan dan konseling di sekolah. Staf dosen FIP dan pejabat Departemen P dan K pada tahun tersebut menyaksikan keberhasilan berbagai program bimbingan di Amerika. Seiring perkembangan lintas budaya di Amerika, layanan konseling di Indonesia juga mulai memasukkan unsur budaya. Agama adalah salah satu budaya. Agama menjadi arah terwujudnya manusia yang sehat secara psikologis dan spiritual.
Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, sungguh menyadari kebutuhan individu-individu beragama Islam untuk hidup sejahtera dan bahagia di dunia ini. Kemampuan para mahasiswa dalam mendampingi individu-individu, baik yang sedang menghadapi masalah maupun yang tidak/belum mempunyai masalah, dipersiapkan melalui kurikulum berbasis kompetensi dan berdasarkan nilai-nilai islami. Melalui kurikulum Bimbingan dan Konseling Islami, para mahasiswa akan memiliki kompetensi paedagogi, kepribadian, sosial, dan profesional yang menjunjung tinggi nilai-nilai islami untuk pemberian layanan-layanan bimbingan dan konseling dengan berbagai bentuk teknik dan strategi serta kegiatan.

Kontak

Pertanyaan mengenai program studi BKI lebih lanjut silahkan menghubungi kami : Prodi Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Lantai 1, Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Kampus Timur UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta, Kode pos: 55281.
Contact person : Said 081.64.224.086, email: bki.jogja@yahoo.com, bki.kalijaga@gmail.com

Website: bki-kalijaga.blogspot.co.id