Overview
aktivitas-mahasiswa-komunikasi-penyiaran-islam-fakultas-dakwah-komunikasi-uin-sunan-kalijaga-yogyakarta-3

Aktivitas mahasiswa KPI saat mewawancarai narasumber Diskusi Buku “Angkat Pena demi Dialog Papua”, 20 Juni 2012, Ruang Teatrikal FDK UIN Suka.

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) menawarkan studi ilmu komunikasi yang terintegrasi dengan penyiaran dan dakwah Islam. Sebagai wadah untuk studi ilmu komunikasi, kurikulum di Jurusan KPI memasukkan semua mata kuliah wajib yang disepakati dalam forum ASPIKOM (Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi), seperti Ilmu Komunikasi, Teori Komunikasi, Filsafat dan Etika Komunikasi, Komunikasi Politik, Komunikasi Antar Budaya, Desain Komunikasi Visual, dan sebagainya, sehingga kompetensi lulusan Jurusan KPI dapat disejajarkan dengan lulusan Jurusan/Program Studi Ilmu Komunikasi pada umumnya.

Namun, ada nilai lebih yang dimiliki oleh lulusan program studi KPI dibandingkan dengan jurusan ilmu komunikasi di tempat lain. Nilai lebih tersebut adalah penguasaan ilmu dan pendekatan keagamaan yang juga diajarkan di Jurusan KPI. Mahasiswa diberi bekal perspektif keagamaan yang akan sangat bermanfaat, baik untuk kehidupan pribadinya kelak maupun untuk studi dan karirnya ke depan sehingga lebih mampu memahami objek studinya di Indonesia, yang berpenduduk mayoritas Islam.

Studi di program studi KPI diorientasikan kepada dua konsentrasi, yaitu Konsentrasi Jurnalistik dan Konsentrasi Broadcasting. Konsentrasi Jurnalistik diarahkan untuk mencetak alumninya menjadi seorang wartawan handal, praktisi media, atau pun analis media massa. Untuk itu, selain mata kuliah dasar-dasar ilmu komunikasi, juga ditawarkan mata kuliah pendukungnya, antara lain adalah: Jurnalistik Cetak, Jurnalistik Online, Jurnalistik Investigatif, Hukum dan Etika Jurnalistik, Fotografi Jurnalistik, Reportase, Analisis Media, Penulisan Artikel, Penulisan Fiksi, Penulisan Feature, Manajemen Media Massa, Manajemen Redaksi, dan lain-lain.

Sementara konsentrasi Broadcasting lebih diarahkan untuk mencetak sarjana yang handal dalam bidang penyiaran, baik radio maupun televisi. Mata kuliah pokok untuk itu antara lain: Hukum dan Etika Penyiaran, Jurnalistik Penyiaran, Reportase radio/TV, Newscasting, Editing Siaran Radio/TV, Sinematografi, Analisis Siaran Radio/TV, Produksi Acara radio/TV, Manajemen Siaran, dan sebagainya.

Sebagai pendukung studi, selain fasilitas yang disediakan oleh universitas seperti Perpustakaan Online yang memadai, jaringan internet dengan wi-fi yang handal, juga telah disediakan sebuah laboratorium “PPTD (Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah)”, yang menaungi Studio TV (Sunan Kalijaga TV), Studio Radio (Radio Siaran Dakwah), dan Lab Komputer dan Grafika.

Hasil kerja keras seluruh civitas akademika program studi KPI, hingga saat ini alumni Jurusan KPI telah diterima di berbagai sektor, baik sebagai PNS (baik di Kementerian Agama maupun di Pemerintah Daerah), juga telah tersebar mengabdikan diri di berbagai media massa, seperti TVRI, RRI, Indosiar, Trans7, MetroTV, berbagai Production House, Solo Pos, Radar, dan lain-lain.

Secara kelembagaan, program studi KPI telah terakreditasi oleh BAN-PT Kementerian Pendidikan Nasional dengan nilai “A”.

Kerangka Dasar Filosofis
Visi Prodi Terdepan dalam pengkajian dan pengembangan ilmu-ilmu komunikasi dan penyiaran Islam yang berparadigma Islam
Misi Prodi

  • Menyelenggarakan pendidikan ilmu-ilmu keislaman dan komunikasi penyiaran untuk membentuk sarjana yang berkualitas, profesional, dan berakhlak mulia
  • Mengembangkan penelitian di bidang komunikasi dan penyiaran
  • Meningkatkan peran serta pada pengabdian masyarakat dalam aktivitas dakwah
  • Memperluas jaringan kerja sama dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan tridharma perguruan tinggi

Tujuan Prodi

  • Menguasai, mengembangkan, dan mengamalkan ilmu komunikasi dan penyiaran Islam yang dijiwai oleh nilai-nilai Islam yang relevan dengan kebutuhan pembangunan bangsa
  • Melahirkan sarjana yang profesional dalam bidang komunikasi dan penyiaran Islam
  • Melahirkan sarjana yang memiliki wawasan dan ketrampilan dalam bidang pers, penyiaran, dan retorika
  • Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan Tridharma Perguruan Tinggi

Isu-isu Strategis
Isu-isu Global
  • Globalisasi informasi tak terelakkan lagi, melalui media massa yang menimbulkan tantangan sekaligus peluang bagi bagi dakwah Islam di seluruh dunia
  • Maraknya isu-isu agama dalam hubungannya dengan berbagai aspek kehidupan manusia melalui media massa
Isu-isu Nasional
  • Adanya kebijakan pemerintah mengenai Undang-Undang Penyiaran
  • Pemanfaatan media massa untuk aktivitas dakwah
  • Maraknya media massa baik cetak maupun elektronik
Isu-isu Lokal
  • Munculnya media-media massa lokal
  • Konflik agama melalui media massa
Isu-isu Jangka Panjang
  • Media massa ke depan selalu menjadi kebutuhan masyarakat
  • Adanya kompetensi beberapa media dengan modal asing
Isu-isu Jangka Menengah
  • Munculnya beberapa media yang tidak mendidik
  • Berkembangnya penggunaan media massa sebagai media dakwah, sehingga semakin banyak bermunculan media yang bernuansa Islam
Isu-isu Jangka Pendek
  • Semakin banyak muncul Production House
  • Kebutuhan akan tenaga ahli di bidang media massa, seperti wartawan, penyiar, kameramen, programmer siaran, dan lain-lain, meningkat
Kompetensi Konsentrasi
KONSENTRASI JURNALISTIK BROADCASTING
Profesi  Utama Jurnalis Produser Siaran Radio dan TV
Kompetensi  Lulusan Utama
  • Menguasai prinsip-prinsip komunikasi media
  • Menguasai teknik investigasi  dan pelaporan berita
  • Menguasai prinsip-prinsip kerja redaksi
  • Menguasai prinsip-prinsip komunikasi media
  • Menguasai prinsip-prinsip kerja produksi siaran radio dan tv
  • Menguasai teknik produksi siaran
Indikator Kompetensi  Utama
  • Mampu melakukan pelacakan berita, peliputan, dan penulisannya
  • Mampu menerapkan prinsip-prinsip kerja redaksi
  • Mampu melakukan komunikasi secara efektif untuk menunjang profesinya
  • Memahami problem komunikasi antar budaya
  • Mampu menguasai teknologi informasi dalam melakukan pekerjaan profesionalnya
  • Mampu mengintegrasikan dan meninterkoneksikan mata kuliah prodi dengan ilmu keislaman
  • Mampu mengintegrasikan pesan dakwah dalam aktifitas jurnalisme profesional
  • Mampu memproduksi siaran
  • Mampu melakukan praktek kerja produksi acara
  • Menguasai wirausaha di bidang media
Profesi Tambahan A Praktisi Media Cetak (non-jurnalis) Programmer Siaran Radio dan TV
Kompetensi  Lulusan Tambahan A
  • Menguasai prinsip-prinsip administrasi media cetak
  • Menguasai prinsip-prinsip manajemen produksi media cetak
  • Menguasai bahasa pers
  • Menguasai prinsip-prinsip manajemen siaran
  • Menguasai prinsip-prinsip manajemen produksi acara televisi dan radio
Indikator Kompetensi Tambahan A
  • Mampu menerapkan prinsip-prinsip administrasi media cetak
  • Mampu melakukan produksi media cetak
  • Mampu merancang materi program siaran
  • Mampu melakukan produksi acara televisi dan radio
Profesi Tambahan B Analis Media Pelaku Produksi Acara Radio/TV
Kompetensi  Lulusan Tambahan B
  • Menguasai prinsip-prinsip analisis media
  • Menguasai prinsip-prinsip analisis perilaku konsumen media
  • Menguasai teori analisis media
  • Menguasai kritik media dalam perspektif Islam
  • Menguasai metode dan prinsip produksi siaran
  • Menguasai teknik produksi siaran
Indikator Kompetensi Tambahan B
  • Mampu menganalisis naskah media massa dengan beragam perspektif
  • Mampu menganalisis perilaku konsumen media
  • Mampu melakukan praktek produksi siaran
  • Mampu mengoperasionalkan peralatan produksi siaran
Lain-lain: Ciri Khas Mencetak Jurnalis-Penulis Mencetak Broadcaster-Programer
Gelar Akademis S.Sos. S.Sos.
Dosen dan Staf Pengajar

Dosen

  • Prof. Dr. H. Faisal Ismail, M.A.
  • Dr. H. Akhmad Rifa’i, M.Phil.
  • Dr. Hamdan Daulay, M.Si., M.A.
  • Dr. Musthofa, S.Ag., M.Si.
  • Hj. Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si., Ph.D.
  • Dr. H. M. Kholili, M.Si.
  • Dr. Khadiq, S.Ag., M.Hum.
  • Drs. Abdul Rozak, M.Pd.
  • Drs. Muhammad Sahlan, M.Si.
  • Khoiro Ummatin, S.Ag., M.Si.
  • Dra. Hj. Evi Septiani Tavip Hayati, M.Si.
  • Dra. Hj. Anisah Indriati, M.Si.
  • Saptoni, S.Ag., M.A.
  • Hj. Ristiana Kadarsih, S.Sos., M.Si.
  • Mohammad Zamroni, S.Sos.I., M.Si.
  • Nanang Mizwar Hasyim, S. Kom.I., M.Si.
  • Ulfah Hidayati, S.I.Kom., M.I.Kom.

Staf Pengajar

  • Bramma Aji Putra, S.Kom.I. (Kemenag DIY, Penulis Yogyakarta)
  • Drs. Sutirman Eka Ardana (Praktisi Senior Media Cetak)
  • Nadhiroh, S.Ag. (SKH Solopos)
  • Sudaryono, S.Ag. (Indosiar)
  • Anak Agung Dhofir Ibnu Ahmed, S.Sn. (ADiTV)
  • Yusuf Dwi Prasetyo, S.Kom.
Daftar Mata Kuliah Kurikulum 2016
Semester Paket 1
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 USK401001 Akhlak dan Tasawuf 2 WAJIB
2 KPI405001 Bahasa Inggris 2 WAJIB
3 USK401005 Filsafat Ilmu 2 WAJIB
4 KPI404002 Ilmu Dakwah 2 WAJIB
5 NAS400002 Pancasila 2 WAJIB
6 USK401006 Pengantar Studi Islam 2 WAJIB
7 KPI404004 Sejarah Dakwah 2 WAJIB
8 USK401008 Tauhid 2 WAJIB
9 USK401002 Al-Qur’an dan Hadis 3 WAJIB
10 KPI404003 Pengantar Ilmu Komunikasi 3 WAJIB
Semester Paket 2
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 USK401003 Bahasa Arab 2 WAJIB
2 USK401004 Fikih dan Usul Fikih 2 WAJIB
3 KPI404005 Hadis Dakwah 2 WAJIB
4 NAS400003 Kewarganegaraan 2 WAJIB
5 KPI404006 Komunikasi Politik 2 WAJIB
6 KPI404007 Komunikasi Publik Dan Massa 2 WAJIB
7 KPI405008 Studi Agama Kontemporer 2 WAJIB
8 KPI404009 Tafsir Ayat Dakwah 2 WAJIB
9 USK401007 Sejarah Kebudayaan Islam dan Budaya Lokal 3 WAJIB
10 KPI404010 Teori Komunikasi 3 WAJIB
Semester Paket 3
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 KPI405012 Fikih Kontemporer 2 WAJIB
2 KPI405014 Fiqh Al-Dakwah 2 WAJIB
3 KPI404016 Pengantar Jurnalistik 2 WAJIB
4 KPI404018 Psikologi Komunikasi 2 WAJIB
5 KPI404011 Desain Komunikasi Visual 3 WAJIB
6 KPI404013 Filsafat-Etika Komunikasi 3 WAJIB
7 KPI404015 Komunikasi Kelompok dan Organisasi 3 WAJIB
8 KPI404020 Sosiologi Komunikasi 3 WAJIB
9 KPI445017 Periklanan 2 PILIHAN
10 KPI445019 Public Relation 2 PILIHAN
Semester Paket 4
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 NAS400001 Bahasa Indonesia 2 WAJIB
2 KPI405026 Komunikasi Antar Budaya 2 WAJIB
3 KPI405027 Metodologi Penelitian Sosial 2 WAJIB
4 KPI404028 Psikologi Dakwah 2 WAJIB
5 KPI405031 Retorika Dakwah 2 WAJIB
6 KPI405025 Kewirausahaan 3 WAJIB
7 KPI444021 Hukum dan Etika Jurnalistik 2 PILIHAN
8 KPI444022 Hukum Dan Etika Penyiaran 2 PILIHAN
9 KPI444023 Jurnalistik Cetak 3 PILIHAN
10 KPI444024 Jurnalistik Penyiaran 3 PILIHAN
11 KPI444029 Reportase Media Cetak 3 PILIHAN
12 KPI444030 Reportase Media Penyiaran 3 PILIHAN
Semester Paket 5
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 KPI444032 Fotografi Jurnalistik 3 PILIHAN
2 KPI444033 Jurnalistik Investigatif 3 PILIHAN
3 KPI444034 Jurnalistik Online 3 PILIHAN
4 KPI444035 Manajemen Redaksi 3 PILIHAN
5 KPI444036 Manajemen Siaran 3 PILIHAN
6 KPI444037 MPK Kuantitatif 3 PILIHAN
7 KPI444038 Newscasting/Announcing 3 PILIHAN
8 KPI444039 Penulisan Artikel 3 PILIHAN
9 KPI444040 Produksi Acara Berita 3 PILIHAN
10 KPI444041 Produksi Berita Media Cetak 3 PILIHAN
11 KPI444042 Sinematografi 3 PILIHAN
12 KPI444043 Tata Artistik Produksi Siaran 3 PILIHAN
13 KPI444044 Teknik Editing 3 PILIHAN
Semester Paket 6
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 KPI404047 Manajemen Media Massa 3 WAJIB
2 KPI404048 MPK Kualitatif 3 WAJIB
3 KPI404053 Sistem Teknologi Informasi dan Komunikasi 3 WAJIB
4 KPI404054 Statistik Sosial 3 WAJIB
5 KPI444045 Analisis Siaran 3 PILIHAN
6 KPI444046 Analisis Teks Media 3 PILIHAN
7 KPI444049 Penulisan Features 3 PILIHAN
8 KPI444050 Penulisan Naskah Siaran 3 PILIHAN
9 KPI444051 Produksi Acara Siaran 3 PILIHAN
10 KPI444052 Produksi Media Cetak 3 PILIHAN
Semester Paket 7
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 KPI404056 Seminar Komunikasi 3 WAJIB
2 KPI404055 Magang Profesi 4 WAJIB
Semester Paket 8
No. Kode MK Nama Mata Kuliah SKS Jenis MK
1 USK402001 Kuliah Kerja Nyata 4 WAJIB
2 USK403007 Tugas Akhir 6 WAJIB
Magang Profesi

Magang Profesi merupakan salah satu maka kuliah praktik di program studi KPI sejak kurikulum 2011. Mata kuliah ini wajib diambil semua mahasiswa. Bentuk perkuliahan adalah magang di lembaga massa di luar kampus yang bergerak dalam bidang jurnalistik maupun broadcasting.

Beberapa lembaga di Yogyakarta yang sudah sering digunakan untuk magang antara lain:

logo-solopos logo-suara-muhammadiyah  logo-bernas  logo-jawapos-radar-jogja logo-kedaulatan-rakyat  logo-sindologo-harian-jogja  logo-kompas  logo-koran-merapi  logo-adi-tv  logo-tvri-jogja   logo-unisi   logo-mqfm-jogja   logo-metrotv  logo-rbtv-jogja  logo-jogja-tv  logo-suka-tv  logo-rri  logo-radio-kr  logo-sonora-fm  logo-radio-q-fm-jogja   logo-rasialima   logo-kotaperak-fm   logo-star-fm   logo-mbs   logo-rasida logo-radio-anak-jogja-fm logo-retjo-buntung logo-sasando-fm

Testimoni

Didik Haryadi Santoso, S.Kom.I., M.A.
Staf Pengajar Universitas Mercu Buana Yogyakarta, alumni angkatan 2006
Saya mendapatkan bekal ilmu pengetahuan tentang keIslaman, komunikasi dan dunia penyiaran di Jurusan KPI Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga. Lulusan jurusan KPI, khususnya kawan-kawan saya, tidak hanya bekerja sebagai praktisi media, melainkan juga sebagai akademisi serta terjun di wilayah birokrasi pemerintahan. Atmosfer akademik dan fasilitas di kampus yang baik mendorong saya untuk lebih produktif dalam membaca, menulis dan berdiskusi. Tradisi berfikir kritis di kampus, selain menjadi bekal saya ketika melanjutkan studi di Pasca Sarjana, juga menjadi bekal pengetahuan saat mengajar.

Agus Santosa, S.Sos.I.
Praktisi media Televisi
Jurusan KPI banyak memberikan dasar-dasar untuk terjun ke dunia penyiaran, selain ilmu agama yang saya dapatkan di Jurusan KPI fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga. Saya merasakan betul manfaatnya belajar di KPI, bahkan sebelum lulus dari KPI saya sudah diterima bekerja di media massa elektronik di Yogyakarta.

Muhammad Khamdi, S.Sos.I
Wartawan Harian Bisnis Indonesia, Jakarta, alumni Angkatan  2002
Kuliah di Jurusan KPI itu sangat menyenangkan. Selain mendapatkan ilmu agama dan umum, mahasiswa KPI diajarkan metode jurnalistik dan peliputan berita. Dari pembelajaran itu, saya jadi tahu bagaimana menulis sebuah berita dan menyajikan ke publik. Awal mempelajari teknis penulisan berita seakan terasa susah jika dipraktikkan ke lapangan. Namun anggapan susah itu hilang saat saya terjun langsung di lapangan dengan magang di sebuah media cetak terbesar di Kota Solo. Hingga akhirnya, sekarang saya konsen di dunia jurnalistik dengan menjadi seorang wartawan. Karir saya saat ini tidak lepas dari bimbingan dosen KPI yang mengajarkan banyak hal tentang ilmu komunikasi, jurnalistik hingga penyiaran. Bravo KPI…

Bramma Aji Putra, S. Kom.I
Humas Kanwil Kemenag DIY, alumni Angkatan 2004
Alhamdulillah…. Kuliah di KPI membawa barokah dunia dan akhirat. Jalani sungguh-sungguh, takdzim kepada para guru dan memuliakan orang tua, hidup menjadi bermakna.

Heri Cahyono S.Sos.I.
Wiraswasta CV. INTIMAGMA GLOBAL MANDIRI, Angkatan  2003
Kuliah Di KPI Fakultas Dakwah UIN Suka Yogya sangat cocok bagi calon mahasiswa yang bermimpi ingin memiliki PH (Productions House) atau usaha lain yang berkaitan dengan produk multimedia, karena selain mata kuliah yang ada di KPI sangat relevan jiwa di Aplikasikan di Rumah Produksi maupun usaha multimedia lainnya, Komunitas-komunitas multimedia di UIN (SUKA TV,RASIDA, JCM dll.) banyak sekali memberikan manfaat yang positif dan  memberikan ruang bebas untuk berdiskusi dalam bidang keberminatan yang sama dalam hal multimedia.

Faris A. Pranata
NET TV Jakarta
Jurusan KPI tidak hanya membekali saya ilmu secara teori, tapi jurusan KPI mengimbangi pengetahuan mahasiswa dengan terjun langsung dengan praktek-praktek media. Ini menjadikan kami berpeluang besar sebagai mahasiswa yang siap terjun ke lapangan kerja. Terima kasih KPI.

Bayu Nurkholis
Creative Team RCTI
Awalnya saya ragu untuk kuliah di jurusan KPI, karena KPI merupakan pilihan ketiga. Namun, bismillah, karena saya suka menulis, niat saya masuk KPI ingin menjadi seorang jurnalis yang handal, akhirnya saya memantapkan niat untuk lanjut. Salah satu yang membuat nyaman kuliah di KPI ialah kurikulumnya. Sangat seimbang antara sisi keilmuan dan sisi keagamaan. Intinya ga bakal rugi kuliah di KPI, karena kompetensi yang diperoleh ga akan kalah dengan lainnya. Saya sangat bangga membawa nama KPI UIN Sunan Kalijaga di lingkungan kerja saat ini, dan bisa disejajarkan dengan teman-teman lulusan dari universitas terkemuka lainnya.

Kontak

Pertanyaan lebih lanjut silahkan menghubungi kami : Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Lantai 2, Gedung Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Kampus Timur UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Jl. Marsda Adisucipto Yogyakarta
Contact person : Khadiq 08175481793, email: kpi@uin-suka.ac.id.