Masjid Kampus
masjid-uin-sunan-kalijaga

Masjid Kampus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Masjid kampus UIN Sunan Kalijaga (UIN Suka) terletak di tengah kompleks kampus. Letak bangunannya berada di pusat antara bangunan-bangunan gedung perkantoran, fakultas, laboratorium, dan infrastruktur kampus lainnya tersebut dengan harapan bahwa masjid adalah pusat kegiatan. Posisi ini sekaligus menegaskan bahwa masjid merupakan bangunan paling penting, menjadi meeting point bagi seluruh civitas akademika UIN Sunan Kalijaga. Masjid menjadi tempat bertemunya mahasiswa, dosen, dan karyawan dari tujuh fakultas dan program pascasarjana.

Perpustakaan
pengunjung-meminjam-buku-melalui-fasilitas-otomasi-rfid-perpustakaan-uin-sunan-kalijaga-yogyakarta

Mahasiswa dapat meminjam buku perpustakaan secara mandiri melalui fasilitas elektronik yang disediakan.

Perpustakaan UIN Suka dikenal sudah menggunakan teknologi terkini dalam pelayanannya. Teknologi RFID telah dipakai sejak tahun 2007. Saat ini, anggotanya mencapai 12.500, jumlah koleksi buku 150.000 eksemplar. Tahun 2012, Perpustakaan UIN Suka menerima penghargaan Rekor MURI sebagai perpustakaan pertama di Indonesia yang menggunakan teknologi RFID (Radio Frequency Identivication) dalam peminjaman dan pengembalian buku secara mandiri.

Dikembangkan pula sistem perpustakaan digital (http://digilib.uin-suka.ac.id) untuk penyimpanan dan pencarian koleksi digital. Kinerja digilib ini telah diakui oleh webometrics.info (pemeringkat perguruan tinggi berbasis Spanyol). Pada peringkat edisi bulan Agustus 2013, digilib UIN Suka berada di posisi 5 se-Indonesia, ke-8 se Asia Tenggara, ke-27 se Asia (rangking webometrics repository).

Perpustakaan UIN Suka juga berlangganan akses jurnal internasional, sehingga memberi kemudahan anggotanya untuk meneliti dengan materi jurnal-jurnal internasional.

Health Center

UIN Suka Health Center (poliklinik) menyelenggarakan pelayanan medis bagi dosen, pegawai, mahasiswa, dan masyarakat umum. Macam pelayanan medisnya antara lain: pelayanan dokter umum, dokter gigi, bedah minor, dan gawat darurat. Sementara itu pelayanan penunjang medis meliputi: Radiologi, EKG, Bedside laboratory, Fisioterapi, Farmasi, dan Pelayanan Promosi Kesehatan. Setiap harinya ada 3 dokter praktek yang bertugas sejak pukul 08.00-15.30.

Akses Internet

Sekali mahasiswa baru masuk di UIN Suka, fasilitas single sign on diaktifkan untuk tiap mahasiswa. Dengan username login NIM, mahasiswa bisa memperoleh fasilitas akses wifi dari seluruh jaringan kampus, email beserta fasilitas googledocs, dan akses sistem informasi akademik. Layanan tersebut diselenggarakan oleh Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PTIPD).

Gedung Teatrikal

Disediakan untuk internal maupun pihak luar yang ingin mengadakan kegiatan seminar,workshop, kuliah umum. Gedung ini berdaya tampung 150 orang dengan soundsystem dan pendingin yang memadai.

Ruang Baca

Memiliki koleksi arsip skripsi mahasiswa dan buku bahan perkuliahan untuk menambah alternatif mahasiswa FDK UIN Suka, selain Perpustakaan Universitas. Berada di lantai 3 selasar barat gedung FDK.

Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah (PPTD)

PPTD merupakan laboratorium milik FDK yang terdiri dari laboratorium televisi, radio, dan fotografi. Meski selama ini jurusan KPI yang lebih banyak menggunakan, PPTD bisa digunakan semua jurusan yang ada di FDK untuk mendukung perkuliahan. PPTD berlokasi di belakang Gedung Multipurpose UIN Suka.

Fasilitas Lainnya

Pusat Pengembangan Bahasa (P2B), Student Center, Hotel, Restoran, Koperasi Mahasiswa, Multipurpose, Sport Venue, Convention Hall.