Terus Mencoba Berkompetisi, Sekar Juara 3 Lomba Tartil NaDaComFes

Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Putri Sekar Giri Fatimah Mahbubah berhasil meraih juara 3 di ajang Lomba Tartil Al-Qur’an, National Dakwah Competition Festival (NaDaComFes) 2022 .

Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Dakwah IAIN Salatiga bersama Forum Dekanat Dakwah dan Komunikasi (FORDAKOM) secara daring menjadi salah satu upaya mencari bibit unggul pembaca Al-Qur’an secara tartil dari mahasiswa Fakultas Dakwah PTKIN Indonesia. Terdapat berbagai macam perlombaan yang diadakan oleh masing-masing PTKIN, seperti Kompetisi Dakwah Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan Bahasa Indonesia, Kompetisi Film Pendek, Karya Ilmiah, Cipta Puisi, Fotografi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Vebri dkk, Dapatkan Honourable Delegates

Sekar panggilan akrabnya, menceritakan terdapat 2 babak yang harus dilalui, yakni penyisihan dan final. Saat babak penyisihan, peserta mengirimkan karya video yang diupload melalui youtube danpengumuman 10 finalis pada tanggal 6 April 2022 secara daring. Mengingat lomba ini diikuti oleh berbagai mahasiswa PTKIN di Indonesia, membuat Sekar memaksimalkan segala usaha untuk dapat mengikuti perlombaan ini sebagai ajang berlatih dan dapat mengukur kemampuannya. Saat mengetahui bahwa Sekar lolos ke babak final, ia merasa senang dan agak takut mengingat final yang dilakukan secara daring yang membuat Sekar harus mencari lokasi yang sepi dan jaringan internet yang stabil. Akhirnya, Sekar meminta tolong teman satu prodi yang berasal dari Yogyakarta untuk membantunya dengan mengikuti final di rumahnya, dikarenakan kos yang Sekar tinggali saat ini kurang strategis.

Pelaksanaan final berjalan dengan lancar tanpa kendala, hanya saja Sekar sempat merasakan gugup yang luar biasa karena para peserta yang sangat kompetitif dan sudah lama Sekar tidak lolos final setelah mencoba berbagai perlombaan. Namun, tidak disangka, tanggal 18 April 2022 penyelenggara memberikan pengumuman kejuaraan yang justru membuahkan hasil yang memuaskan, yakni Sekar mendapatkan juara 3 dengan total nilai 95,5.

Perlombaan ini menjadi awal dan pengingat bagi Sekar untuk semangat berlatih dan terus mencoba mengikuti lomba pada bidang seni membaca Al-Qur'an. “Tidak apa-apa pernah gagal, karena itu menjadi bagian proses untuk lebih baik kedepannya,” ujar gadis kelahiran Mojokerto, 23 Juli 2002 ini.

Selain itu, melalui kemampuan dalam bidang seni Al-Qur'an, Sekar juga berkesempatan menjadi talent sebagai Qari’ah untuk program siaran 'Cahaya Ramadan' TVRI Yogyakarta selama Ramadan berkat tawaran dari dosen KPI. Hal tersebut menjadi pengalaman pertama Sekar dalam dunia pertelevisian atau broadcasting yang membuka peluang lebih baik ke depannya.

Mendapatkan banyak kesempatan membuat Sekar yakin untuk terus mencoba berkompetisi dan siap keluar zona nyaman dengan mencoba berbagai perlombaan mendatang agar menjadi pribadi yang produktif dan bermanfaat bagi sekitar. (Nrl)

Baca Juga : Tingkatkan Eksistensi, Mahasiswa KPI Hiasi Layar Kaca TVRI Jogja