Almaratus Sholihah, S.Sos Jago Pidato

Berbicara soal keahlian yang berkaitan dengan tarik suara, Almaratus Sholihah S.Sos adalah salah satu jagonya. Pidato, membaca puisi, presenter berita, MC dan menyanyi, itulah basic skill perempuan yang akrab dipanggil Alma. Dia lahir di Pringsewu, Lampung, 5 April 1994. Lajang yang pernah mengenyam pendidikan di TK KH.Ghalib Pringsewu, SDN 1 Pringsewu, MTsN 1 Pringsewu, dan MAN 1 Model Bandar Lampung merupakan alumnus KPI, Fakultas Dakwah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

“Sejak 2018 sampai sekarang saya masih menjadi mahasiswa S2 KPI, Fakultas Dakwah, UIN Sunan Kalijaga,” ujar Alma yang pernah menuntut ilmu di Boarding School MAN 1 Model Bandar Lampung dan Pondok Pesantren Al-Fattah Demak, Jawa Tengah.
Prestasi yang diukirnya sudah banyak. Pada kurun 2010-2015 Alma meraih delapan prestasi. Sebagian besar ada di peringkat pertama. Ke delapan capaiannya itu adalah Juara I Musabaqah Syarhil Qur’an Mahasiswa Tingkat Nasional UNY Emas, Juara II Lomba Tausiyah RRI Pro 2 FM se-DIY, Juara I Lomba Baca Puisi Tingkat Mahasiswa se-UIN Sunan Kalijaga, Juara I Da’i Muda Tingkat Provinsi Lampung, Juara I Lomba Syarhil Qur’an Tingkat Kabupaten Pringsewu, Lampung, Juara I Lomba Syarhil Qur’an Tingkat Kabupaten Tanggamus, Lampung, Juara I Lomba Syarhil Qur’an Tingkat Kabupaten Mesuji, Lampung, Juara 3 Lomba Syarhil Qur’an Tingkat Provinsi Lampung.

Torehan prestasinya semakin banyak pada tahun 2016-2018. Performanya mengantarkan anak pasangan Drs. Abu Salim dan Dra. Laili Hidayati itu meraih 14 capaian sebagai juara. Berikut ini kejuaraan yang diraih dia.
Juara I Lomba Daiyah Fatayat NU se-DIY
Juara Harapan II Lomba Tausiyah PTQ RRI Nasional di Pekanbaru
Juara Harapan II Lomba Dai IPPNU Tingkat Nasional
Juara I Lomba Tausiyah PTQ RRI Tingkat Korwil Nusantara XI
Juara I Lomba Tausiyah PTQ RRI Tingkat DIY
Juara I Lomba Tausiyah PTQ RRI Surakarta
Juara 1 Lomba Baca Puisi Kategori Umum Pameran Buku Solo
Juara II Dai Academi Ikadi Semarang
Juara II Lomba Tausiyah PTQ RRI Purwokerto
Juara III Lomba Baca Puisi Kategori Umum Pameran Buku Solo
Juara II Lomba Tausiyah PTQ RRI Tingkat Kota Semarang
Juara II Lomba Pidato se-DIY
Juara II Lomba Baca Puisi Ustadz/ah Tingkat Provinsi DIY
Juara II Musabaqah Syarhil Qur’an, MTQ STTNAS Tingkat Provinsi DIY

Alma memiliki hobi berkompetisi. Anak pertama dari dua bersaudara itu bercita-cita jadi dosen. Saat ini, Alma adalah peserta Aksi Indosiar 2019. "Saya ikut aksi karena ingin membahagiakan orangtua, dan menyebarkan Islam Wasatiyah lewat televisi," ucapnya.
Alma mempunyai motto hidup seorang pemberani bukanlah orang yang tidak takut akan sesuatu apapun, tapi seorang pemberani adalah orang yang mau melakukan apa yang ia takuti.

Selamat berjuang. Semoga sukses.

Liputan Terkait