Sejarah Singkat

Fakultas Dakwah berdiri pada tanggal 30 September 1970 dengan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 254 tahun 1970. Sebelumnya Fakultas Dakwah adalah salah satu jurusan pada Fakultas Ushuluddin. Fakultas Dakwah memiliki visi: membangun dan mengembangkan ilmu pengetahuan dakwah dalam suasana tradisi akademik (keilmuan), berperan aktif membangun peradaban masa depan yang lebih baik, yang Islami, menuju Indonesia Baru yang Madani. Adapun misi yang diemban oleh Fakultas Dakwah adalah menyiapkan sarjana yang visioner dengan kompetensi ilmu dakwah yang sadar berkarya untuk Islam, kemanusiaan, bangsa dan negara, dengan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Untuk mewujudkan visi di atas, Fakultas Dakwah telah berupaya mempersiapkan segala perangkat yang diperlukan, antara lain dengan pengembangan sarana fisik dan non fisik yang telah, sedang dan akan terus dilaksanakan. Bahkan sejak tahun 2000 Fakultas Dakwah telah melengkapi diri dengan laboratorium dakwah di bawah pengelolaan Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah (PPTD) yang dilengkapi dengan sarana untuk program siaran televisi, studio radio yang telah melakukan siaran dengan nama RASIDA (radio siaran dakwah), grafika (sablon, fotografi dan computerized desain grafis) dan Biro Konseling “Mitra Ummah”. Semua itu dimaksudkan untuk memeprsiapkan agar alumni Fakultas Dakwah tidak gagap teknologi, bahkan telah siap untuk menjalani era millenium ketiga ini.

Pada waktu didirikan Fakultas Dakwah belum memiliki jurusan. Baru pada tahun akademik 1976/1977 fakultas ini membuka dua jurusan, yaitu jurusan “al-Milal wa al-Nihal” dan Jurusan “Al-Tabligh Wa al-Nasyr” yang kemudian disempurnakan menjadi jurusan Penerangan dan penyiaran Agama (PPA) dan jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Masyarakat (BPM).

Seiring perkembangan UIN Sunan Kalijaga, Fakultas Dakwah berubah menjadi Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) yang saat ini memiliki lima program studi S1 dan satu program studi S2 dengan kompetensinya masing-masing, yaitu:

  1. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) /S1
  2. Bimbingan dan Konseling Islam (BKI) /S1
  3. Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) /S1
  4. Manajemen Dakwah (MD) /S1
  5. Ilmu Kesejahteraan Sosial (IKS) /S1

Dan

  1. Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) /S2

Dalam usianya yang lebih dari seperempat abad, Fakultas Dakwah dan Komunikasi telah mengantarkan alumninya menjadi sarjana-sarjana yang dapat terserap di lembaga-lembaga pemerintah, perusahaan negara, perusahaan swasta maupun menjadi wiraswastawan mandiri. Di samping itu banyak juga di antara alumni yang sekarang bekerja di departemen-departemen pemerintah, TNI, Kepolisian, Lembaga Asuransi, Dosen, Anggota Legistlatif, PNS, biro-biro konsultasi, LSM dan lain sebagainya.

Para Dekan yang pernah memimpin Fakultas Dakwah adalah:

  1. Prof. R.H.A. Soenarjo, SH
  2. Drs. H. Muh. Syatibi
  3. Drs. Fathuddin Abdul Gani
  4. Drs. H. Hasan Baidaie
  5. Prof. Dr. H. Faisal Ismail, MA
  6. Drs. H. Sukriyanto, M.Hum
  7. Drs. H. Afif Rifa’i, MA
  8. Prof. Dr. H.M. Bahri Ghazali, MA
  9. Dr. H. Waryono, M.Ag.
  10. Dr. Hj. Nurjannah, M.Si.

 

VISI

Unggul dan Terkemuka dalam Pengkajian dan Pengembangan ilmu dakwah sebagai rahmat bagi semesta

MISI
  1. Menyelenggarakan pengkajian dan pengembangan ilmu dakwah dengan ilmu terkait  dalam pendidikan dan pengajaran.
  2. Melakukan dan mengembangkan penelitian Dakwah untuk kepentingan akademik dan masyarakat.
  3. Meningkatkan peran serta dalam membangun Bangsa.
  4. Memperluas kerja sama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi  di bidang Dakwah.
TUJUAN

Secara umum tujuan  Fakultas Dakwah dan Komunikasi bermuara pada upaya pengembangan manusia yang beriman, bertaqwa, bermoral, berakhlak mulia, berilmu, profesional, religius, dan memiliki integritas dan cinta terhadap bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia. Secara rinci tujuan itu adalah:

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana ilmu dakwah yang berkemampuan akademik dan profesional serta mampu menerapkan keahlian berdakwah dalam masyarakat.
  2. Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana ilmu dakwah yang beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia serta memiliki rasa tanggung jawab terhadap masalah sosial kemasyarakatan.
  3. Menyiapkan peserta didik menjadi sarjana ilmu dakwah yang menghargai nilai-nilai keilmuan dan kemanusiaan.

Secara khusus Fakultas Dakwah dan Komunikasi menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan dan ketrampilan bidang komunikasi dan penyiaran, bimbingan dan konseling, pengembangan masyarakat, menejemen dakwah dan Ilmu kesejahteraan sosial untuk kelangsungan dakwah.