Siswa MA Husnul Khotimah Kuningan Berkunjung Ke Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga

Sebanyak 120 siswa dan 3 orang guru pendamping dari MA Husnul Khotimah Kuningan berkunjung ke Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2 April 2019. Siswa ini merupakan kelas XI Jurusan Keagamaan.

Tamu diterima oleh Wakil Dekan I, Dr. HM. Kholili, M.Si dan Ketua Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) di Teatrikal Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Di sini dipaparkan oleh Ketua Prodi KPI tentang konsentrasi yang ada di Prodi KPI yaitu broadcasting (penyiaran) dan jurnalistik.

Kunjungan dilanjutkan ke Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah (PPTD) yang merupakan laboratorium Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Di PPTD siswa bisa menyaksikan langsung proses simulasi produksi acara TV yang kebetulan sedang ada produksi tugas Ujian Tengah Semester (UTS) mata kuliah Jurnalistik Penyiaran Prodi KPI. Bahkan mereka bisa mencoba sebagai presenter. Studio TV ini juga biasa digunakan oleh Suka TV (TV Komunitas yang ada di PPTD).

Selain melihat produksi acara TV, di PPTD mereka juga bisa mencoba langsung sebagai penyiar radio di studio radio Rasida.

Terakhir, di studio fotografi mereka bisa berfoto bersama dan mendapatkan penjelasan tentang teknik fotografi dari anggota Difikom (Komunitas Desain Grafis dan Fotografi di PPTD).

Salah seorang guru pendamping mengatakan sangat senang bisa mendapatkan pengalaman baru di PPTD. Dan tidak menyangka akan diajak berkunjung ke PPTD. Tadinya mengira mungkin akan diterima di teatrikal saja mendengarkan ceramah, tapi ternyata diajak keliling ke berbagai studio yang ada di PPTD, sehingga siswa tidak jenuh dan sangat menikmati kunjungan ini.