MAHASISWA MANAJEMEN DAKWAH UIN SUNAN KALIJAGA JUARA III BUSINESS PLAN COMPETITION TINGKAT NASIONAL

Dwi Fatimah dan Lany Farikha Mahasiswa Program Studi Manajemen Dakwah UIN Sunan Kalijaga berhasil meraih juara III pada ajang Business Plan Competition tingkat Nasional yang diumumkan pada tanggal 28 Agustus 2021. Ajang Business Plan yang mereka ikuti adalah wadah kompetisi ide bisnis berskala nasional yang diikuti oleh seluruh mahawasisa D3/D4/S1 di seluruh Indonesia dan merupakan salah satu cabang kompetisi dari MAGIC (Management Administration Great Innovation Competition) pekan kreativitas mahasiswa yang diselengggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Manajemen Administrasi Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kompetisi ini mengangkat tema “Gen Z With Smart Planning, Creative, and Innovative To Be A Great Entrepeneur“ dengan tujuan untuk menciptakan generasi muda yang memiliki jiwa entrepeneurship, dibuktikan dengan mampu membuat perencanaan yang matang, kreatif, inovatif, bersemangat dan pantang menyerah sehingga mengahsilkan produk yang bernilai ekonomis dan memberikan manfaat bagi orang-orang disekitarnya.

Kompetisi Business Plan berskala nasional ini diselenggarakan dari bulan Juli dengan 3 tahapan mulai dari pengumpulan proposal Business Plan, pembuatan Power Point yang berisi Business Model Canvas dari Inovasi Produk yang digagas, sampai tahap Grand Final berupa pembuatan video dan presentasi produk secara virtual dihadapan para juri yang expert di bidang usaha kuliner.

Walaupun belum berhasil menjadi yang terbaik, Dwi Fatimah dan Lany Farikha merasa bangga karena berhasil memperkenalkan produk lokal daerah Purbalingga ke khalayak umum, serta memperkenalkan Program Studi Manajemen Dakwah (MD) yang mereka pakai sebagai nama tim dalam kompetisi ini. Melalui nama tim ini, mereka berharap dapat menunjukan bahwa Mahasiswa Manajemen Dakwah (MD) bukan hanya mampu dalam bidang religi saja, tapi juga mampu bersaing di era globalisasi dalam bidang apaun yang diminati.