Tingkatkan Kompetensi dan Literasi di Media Digital, Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah FDK UIN Suka Laksanakan Workshop yang Menarik

Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah (PPTD) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta kembali membuat kegiatan yang adaptif terhadap kebutuhan zaman. Selasa, 16 Agustus 2022, PPTD mengadakan kegiatan workshop dengan tema : “Dunia Digital : Berubah atau Bikin Punah?” yang tentu saja untuk menjawab kebutuhan setiap orang untuk memahami seputar dunia digital secara lebih utuh.

Kegiatan yang dilakukan secara luring (tatap muka) dan daring via Zoom ini dikemas secara apik oleh PPTD. Selain antusiasme yang tinggi dari peserta kegiatan yang hadir secara luring dan daring, narasumber yang dihadirkan juga takkalah menterang. Empat narasumber dari beragam keahlian dihadirkan untuk sesi kali ini. Pakde Sarwa Sigid dari sebagai Praktisi senior media, Dewi Nurhasanah selaku ketua KPID Yogyakarta, Dr. Zamroni sebagai ketua ASKOPIS sekaligus dosen UIN Jogja dan Andi Andrianto yang diterbangkan langsung dari Komisi Penyiaran Indonesia (pusat) di Jakarta.

Pemaparan dari masing-masing narasumber terlihat santai dan cukup mengakomodir gaya bahasa kaula muda, khususnya para peserta yang kebanyakan adalah mahasiswa dan dosen muda. Pakde Sarwa Sigid dalam pemaparan presentasinya, misalnya, mengedepankan pentingnya kejernihan pikiran dalam menyikapi hadirnya media sosial dewasa ini.

Lain lagi, Dewi dari KPID Yogya melihat bahwa digitalisasi media, khususnya TV dan Radio adalah sebuah keniscayaan dan tidak dapat dicegah. Narasumber lain, Dr. Zamroni mengulik dari sisi potensi yang terbuka luas dengan digitalisasi media yang dirasakan saat ini. Peluang untuk sukses juga semakin besar bagi siapapun yang menguasai media digital, ujarnya. Lebih jauh, Andi sebagai narasumber terakhir juga takluput menyorot dari sisi tantangan dan peluang yang bisa diperoleh, khususnya para kaula muda dengan cerdas menjadi pelaku media digital.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Prof Dr. Marhumah ketika membuka sesi ini juga terlihat sumringah dengan acara yang diadakan PPTD ini. Beliau mengatakan terus mendukung kegiatan yang dilakukan oleh PPTD selama untuk memajukan FDK dan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Lebih jauh, Ketua PPTD, Evi Septiani dalam sambutannya juga mengapresiasi kinerja panitia yang sukses melaksanakan kegiatan ini di tengah padatnya jadual kegiatan lainnya sembari tetap berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat untuk peserta workshop ini. tr-kh

Liputan Terpopuler