Magister KPI Gandeng UUM Malaysia Adakan Pengabdian Kolaboratif

Tantangan pengelolaan Perguruan Tinggi dalam menghadapi persaingan yang semakin kuat di masa depan, diperlukan berbagai usaha serius dan kontinyu. Program studi sebagai bagian dari ujuang tombak kegiatan akademik harus dikelola semaksimal mungkin, sehingga bisa memiliki daya tarik dan daya saing yang kuat. Selain menyiapkan kurikulum dan kualitas SDM yang handal, prodi juga harus melakukan penguatan riset dan pengabdian kolaboratif dengan perguruan tinggi lain.

Dalam penguatan kualitas akademik ini, Magister Prodi KPI UIN Sunan Kalijaga melakukan kegiatan pengabdian kolaboratif dengan Universitas Utara Malaysia (UUM). Tahap awal kegiatan pengabdian kolaboratif ini, dosen dan mahasiswa dari UUM dan Magister KPI UIN Sunan Kalijaga, masing-masing membuat tulisan tentang potret dakwah di masing-masing negara. Selanjutnya tulisan tersebut akan dipublish secara kolaboratif di jurnal pengabdian UUM Malaysia dan Jurnal pengabdian UIN Sunan Kalijaga.

Keseriusan dalam kegiatan kolaboratif ini, sudah dimulai dengan kunjungan rombongan magister Prodi KPI ke UUM Malaysia pada tanggal 27 november s/d 2 desember 2023. Selanjutnya pada bulan februari 2024, rombongan dari UUM akan berkunung ke UIN Sunan Kalijaga. Rombongan Magister KPI diikuti 8 mahasiswa, dan didampingi 2 orang dosen ( Dr. Hamdan Daulay, MA, dan Dr. Abdul Rozak, M.Pd.) Kehadiran rombongan magister KPI, diterima dengan baik oleh pihak kampus UUM (Prof. Rusdi, Prof. Kamarul, Prof. Amiruddin dan Dr. Ayu Masitoh). Dalam kegiatan diskusi di kampus UUM dibicarakan berbagai hal yang perlu dilanjutkan dalam kegiatan kolaborasi ke depan. Direncanakan anatar UUM dan UIN Suka bisa melakukan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. (HD)

Liputan Terpopuler