PROSPEK PRODI PMI FDK SEBAGAI LAHAN PRODUKSI DAN REPRODUKSI ILMU PENGETAHUAN DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

Dekan FDK UIN Sunan Kalijaga, Prof. Dr. Hj. Marhumah, M.Pd.menyambut baik kegiatan Prodi PMI FDK yang melakukan web seminar dengan tema “PROSPEK KAMPUS MERDEKA BAGI ALUMNI PRODI PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM (PMI)” pada tanggal 19 Agustus 2020 via zoom meeting. Hal ini karena beberapa hal:

Pertama: KAMPUS MERDEKA merupakan paradigma baru bagi Perguruan Tinggi (PT) yang selama ini kurang melakukan “nikah masal” istilahnya mas menteri, dengan realitas masyarakat, dengan dunia kerja, dengan problem masyarakat, dan dengan harapan masyarakat, sehingga “alumni” PT banyak yang tidak dimanfaatkan oleh masyarakat.

Kedua: BANGUNAN KURIKULUM yang dibuat dan dicanangkan mulai dari kurikulum inti dan capaian pembelajaran (CP) nya berdiri pada satu kaki, kurang link and match dengan dunia nyata. Kalau Prodi PMI kurang menyentuh pengembangan masyarakat, kurang integrasi dan interkoneksinya.

KAMPUS MERDEKA ini merupakan angin segar bagi alumni Prodi PMI karena sejak awal sudah dirancang dan dipersiapkan baik itu softskill maupun hardskill untuk menghadapi dunia kerja. Disamping itu, mahasiswa dihadapkan pada dunia nyata, belajar dari masyarakat sehingga mahasiswa dapat memahami bagaimana mengembangan masyarakat lebih cepat.

Di samping itu yang tidak kalah pentingnya adalah mahasiswa menjadi pusat PRODUSEN ILMU PENGETAHUAN dan sekaligus sebagai REPRODUKSI ILMU PENGETAHUAN, artinya mahasiswa merancang bagaimana mengembangkan masyarakat berdasarkan pengalamannya bersama masyarakat dan dibawa ke kampus. Begitu pula setelah diolah dari kampus, mahasiswa melakukan kerja-kerja yang merupakan hasil dari reproduksi ilmu pengetahuan ini.

Program-program yang memang sangat tepat bagi Prodi PMI dalam kampus merdeka ini karena sangat dekat sekali dengan keilmuan dan konsern prodi ini. Ada 8 program kampus merdeka seperti magang, proyek desa, mahasiswa mengajar, pertukaran mahasiswa, mahasiswa melakukan riset, program wirausahaha, partisipasi dan program kemanusiaan, proyek desa wisata yang kesemuanya itu adalah merupakan lahan dari Prodi PMI dan sangat prospek bagi alumni PMI.

Dekan menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Direktur Pendis dan juga ketua umum P2MI, semoga ke depannya akan bisa melakukan kerjasama dan melibatkan Prodi PMI FDK untuk kegiatan-kegiatan yang lebih berarti bagi pengembangan masyarakat.