Pelatihan Dasar Radio

Magelang - Radio Paradikma MAN 1 Magelang mengadakan acara Pelatihan Dasar untuk calon penyiar yang bertempat di Lab Bahasa MAN 1 Magelang pada Sabtu, 25 Agustus 2018. Acara ini diikuti oleh 35 siswa-siswi yang terdiri dari siswa-siswi kelas X, XI, dan XII dan dimulai pukul 08.00 yang dibuka langsung oleh Kepala Sekolah MAN 1 Magelang.

Kegiatan ini diadakan untuk menambah wawasan para calon penyiar radio Paradikma tentang dasar-dasar keradioan. Acara ini dimulai dengan sesi pemberian materi oleh para narasumber dari crew Rasida FM UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Materi pertama yang disampaikan adalah materi tentang keradioan oleh Halwa Fauziyah. Ia memaparkan tentang gambaran radio secara keseluruhan. Pemateri kedua oleh Hameda Rachma yang memaparkan tentang Kepenyiaran, yaitu apa saja tahap-tahap siaran di radio dan sikap yang harus dimiliki oleh seorang penyiar agar menjadi penyiar yang baik. Penyiar radio Rasida FM UIN Sunan Kalijaga ini menegaskan, “Seorang Penyiar harus memiliki “4G” yaitu Good Attitude, Good Idea, Good Skill dan Good appearance.”

Selanjutnya adalah materi mengenai reporter yang dipaparkan oleh Betty Rofiatun Nisa yaitu apa saja tugas seorang reporter dan sikap yang harus dimiliki seorang reporter agar menjadi reporter yang baik. Terakhir adalah materi tentang editing yang disampaikan oleh Alfi Suwaima dan Muti. Disini, mereka memaparkan proses-proses bagaimana mengedit audio agar bisa menghasilkan produk audio yang baik.

Acara selanjutnya, para siswa-siswi dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mengikuti kelas-kelas. Adapun pembagian kelasnya meliputi kelas keradioan, kelas reporter dan kelas editor. Disini mereka melaksanakan praktek langsung bagaimana cara bersiaran dengan baik, cara mengedit audio, dan cara membuat berita di radio. Para Siswa sangat antusias mengikuti acara ini dilihat dari banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan kepada para narasumber. Acara ini ditutup dengan berfoto bersama.