Punya Penghasilan Sebelum Wisuda Merupakan Salah Satu Indikator Keberhasilan Kuliah

Buchori Al Zahrowi, pengusaha dengan brand AFLAH menyampaikan pada acara pembekalan calon Wisudawan Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Sunan Kalijaga Periode I TA. 2019/2020, 11 November 2019, bahwa salah satu indikator keberhasilan kuliah bagi dirinya adalah punya penghasilan setara 10gram Emas atau minimal setara gaji PNS. Oleh karena itu, Buchori banyak merekrut mahasiswa S1 atau S2 untuk menjadi pegawainya. Dengan penghasilan yang didapatkan dari bekerja di AFLAH, banyak mahasiswa yang bisa membiayai sendiri kuliah S2-nya.

Buchori Al Zahrowi yang juga merupakan alumni FDK UIN Sunan Kalijaga memberikan tantangan kepada calon wisudawan untuk segera memulai bisnis. Buchori mempersilakan calon wisudawan untuk datang ke rumahnya guna berkonsultasi tentang bisnis yang cocok untuk dirinya dan juga bagaimana cara memulainya. Impian Buchori yang ingin keliling ke berbagai negara di dunia terwujud berkat hasil dari bisnisnya. Penghasilannya kini sudah lebih dari 50 juta per bulan.

Sementara itu, Alimatul Qibtiyah, P.hD, Wakil Dekan II FDK UIN Sunan Kalijaga memberikan pembekalan kepada calon wisudawan terkait peluang beasiswa S2 baik dalam maupun luar negeri, berdasarkan pengalamannya yang berhasil mendapatkan beasiswa S2 di Amerika dan S3 di Australia, padahal beliau juga asli alumni FDK. Selain itu, Alimatul Qibtiyah juga berpesan agar alumni FDK UIN Sunan Kalijaga menjadi umat Islam yang moderat progresif, yang menjadi rahmatan lil ‘alamin.

Pada wisuda periode ini, FDK UIN Sunan Kalijaga mewisuda 141 orang, terdiri dari 5 Prodi S1 dan satu Prodi S2.