MENYAMBUT KREATOR MUDA, SUKA TV FDK UIN SUNAN KALIJAGA GELAR WORKSHOP

Pusat Pengembangan Teknologi Dakwah (PPTD) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga khususnya komunitas SuKa TV menggelar acara workshop SuKa TV ke-13. Workshop ini diselenggarakan guna menyambut para calon crew SuKa TV yang baru saja bergabung dan melewati proses administrasi.

Program workshop ini mengusung tema “Brave, dare yourself”. Dari tema tersebut, para calon generasi crew SuKa TV diharapkan mampu memberanikan diri untuk tetap berkarya meski dalam keterbatasan pandemi seperti saat ini.

Acara tersebut menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidang pertelevisian sekaligus alumni SuKa TV, antara lain Miftahul Ilmi selaku produser,dan Pendi Cahyono yang bekerjadalam bidang editing dan animasi. Narasumber lainnya seorangcameramen, Vandi Nur Setiawan, dan bagian teknik, Muhammad Ansar.

Narasumber Miftahul Ilmi mengatakan bahwa seorang produser adalah kepala dari suatu acara, yang mana produser harus memiliki keahlian dalam mengeksekusi waktu dengan baik, peka membaca peluang, dan adaptif terhadap situasi-situasi diluar dugaan. Miftahul Ilmi menekankan bahwa seorang produser bertanggungjawab penuh dalam kelancaran suatu acara.

Vandi Nur Setiawan menceritakan awal perjuangan karirnya sebagai cameramen profesional dan permasalahan yang sering ditemui oleh seorang cameramen, antara lain backlight, siluet dan audio yang pecah.

Narasumber ketiga yakni Ansar memberikan tips bagaimana cara merawat peralatan teknik dan mencontohkan cara menggulung kabel yang benar agar tidak merusak kualitas kabel.

Pendi Cahyono menjelaskan tentang perbedaan antara animator dan editor. Editor adalah orang yang melakukan kegiatan menyunting gambar, diibaratkan seperti menjahit yang sudah ada bahannya. Sedangkan animator adalah orang yang menciptakan konten animasi seperti pada id’s program.

Liputan Terkait

Liputan Terpopuler